Akhirnya… Setelah cukup lama menunggu, selesai juga proses translate Animorphs edisi ke 33 dengan tokoh utama Tobias.

Bagi teman-teman yang sudah pernah membaca versi Inggrisnya, mungkin ada banyak hal yang mengganggu di pikiran kita saat membaca edisi ini. Salah satunya adalah betapa menyedihkan kisah kehidupan Tobias yang digambarkan dengan sangat nyata, bahwa tak seorangpun yang menginginkan dia ada di dunia ini (tentu saja kecuali teman-teman Animorphs-nya dan salah satu gurunya sewaktu dia masih bersekolah). Lalu dengan kondisinya yang begitu menyedihkan, masih ditambah lagi dengan kehidupannya sebagai nothlit (untungnya kemampuan morfnya dikembalikan lagi oleh si Ellimist) Saya masih ingat betapa Tobias dalam wujud burungnya harus berjuang sedemikian rupa untuk bisa menerima keadaannya, dimana dia harus berburu mangsanya untuk dapat bertahan hidup. Lalu, setelah dia mendapatkan harapan baru agar bisa kembali ke bentuk manusianya, ternyata yang dikembalikan kepadanya hanyalah kemampuan morf-nya, dan dia masih harus menjalani hari-harinya sebagai burung. Entah mengapa, sejak dari edisi awal, sosok Tobias digambarkan sebagai sosok yang berjiwa kepahlawanan (atau karena dia mewarisi darah Elfangor?). Dia adalah orang pertama diantara teman-temannya yang sangat antusias ketika menerima kemampuan morf, ketika bahkan Marco menolak berjuang pada awalnya (padahal nama group Animorphs, dia yang buat) Kondisinya diperburuk dengan penggambaran fisiknya yang lemah, cengeng dan selalu menjadi bulan-bulanan oleh teman-temannya yang nakal. Dan bahkan Tobias sudah menjadi nothlit sejak edisi kedua, dimana di edisi-edisi selanjutnya, dia hanya bisa bertarung sebagai burung sebelum Ellimist mengembalikan kemampuan morfnya.
Namun terlepas dari kepahlawanannya, untuk edisi kali ini, Tobias memang yang paling tepat untuk menjalankan misi. Hanya saja yang luput dari perhitungan Animorphs, saat AMR tidak bekerja, tentu saja Yeerk pasti bermaksud mengambil Andalite untuk dijadikan induk semang buat Yeerk yang lainnya. Dan hal itu membuat Tobias, sekali lagi, harus menderita. Wah, kok bisa ya karakter Tobias ini dibuat seolah-olah hanya untuk menderita? T_T

Oke, silakan didownload edisi 33 nya
https://www.mediafire.com/?g2v5hnnkar9j2s2

(Dan jangan lupa, kami masih mencari teman-teman yang ingin memberikan bantuan dalam bentuk apapun, agar project ini bisa sampai selesai pada akhirnya)

Thank you guys.

Tags: , , , ,