Kandung (kantong) empedu adalah organ kecil berwarna kehijauan, letaknya dibawah liver (hati) yang berperan dalam mencerna makanan. Bentuknya seperti kantung yang digunakan untuk menampung cairan empedu yang mengandung garam empedu dan lemak. Radang kandung empedu atau biasa disebut kolesistitis adalah peradangan pada dinding kandung empedu akibat batu empedu. Penyebabnya karena pola makanan yang buruk, terutama yang tinggi lemak. Penyakit kandung empedu biasanya menyerang orang-orang yang kelebihan berat badan dan sering menyerang wanita yang berusia 40 tahun keatas. Peradangan kandung empedu menimbulkan sakit di sebelah kanan atas perut, dan sakit tersebut menjalar ke bahu kanan. Bila penyakit datang, penderita akan merasakan nyeri yang sifatnya hilang timbul dan berpindah-pindah tempat. Tetapi tidak semua radang kandung empedu disebabkan oleh batu empedu. Pecahan batu empedu di dalam kantong dan saluran empedu dapat menyebabkan iritasi pada dinding kantong empedu dan saluran empedu yang menyebabkan infeksi. Bila hal ini tidak segera diatasi, akan menyebabkan kantong empedu menyusut dan tidak berfungsi dengan baik.

Radang kandung empedu (kolesititis) terdiri dari :

1. kolesititis akut (acalculous cholecystitis)
Disebut akut karena rasa nyeri yang timbul secara tiba-tiba, dan dimulai tanpa infeksi walaupun nantinya akan terjadi infeksi juga. Peradangan ini menyebabkan cairan dalam kandung empedu menumpuk dan dinding kandung empedu menebal. Kolesititis akut jarang sekali terjadi tanpa batu empedu. Peradangan empedu ini biasanya terjadi setelah cedera serius, luka bakar, pembedahan, infeksi yang menyebar keseluruh tubuh, puasa terlalu lama, pasien yang menerima makanan lewat infus dalam jangka waktu lama, defisiensi sistem imun.

2. Kolesititis kronis
Yaitu peradangan menahun yang disebabkan serangan kolesititis akut yang sering kambuh. Hal ini menyebabkan penebalan dinding kandung empedu, yang semakin lama akan semakin mengecil dan kehilangan kemampuan menjalankan fungsinya, yaitu menyimpan cairan empedu.

Gejala-gejala yang terjadi pada penderita kandung empedu:

1. Nyeri pada bagian kanan atas perut seperti gejala sakit maag/tukak lambung
2. Nyeri yang hilang timbul dan berpindah-pindah tempat dari sebelah kanan atas perut lalu mengarah ke punggung, dan berpindah lagi ke bahu dan ke dada depan.
3. Biasanya rasa sakitnya akan timbul antara 1-2 jam setelah makan. Menyebabkan penderita kehilangan selera untuk makan karena takut merasakan sakit sesudah makan.
4. Gangguan pencernaan, perasaan mual yang disertai dengan muntah-muntah dan berkeringat dingin.
5. Perut terasa kembung terutama sesudah makan-makanan yang berlemak, makanan yang digoreng, dan sayur-sayuran hijau.
6. Rasa sakit lebih sering timbul pada waktu malam hari, sehingga membangunkan penderita secara mendadak.
7. Kulit berwarna kuning (apabila batu empedu menghalangi saluran empedu).
8. Suhu badan menjadi tinggi.

Vitamin yang dapat membantu penyembuhan:

1. Extra Vit C : untuk mengurangi timbunan kolesterol.
2. Vit E : mencegah dan melarutkan batu empedu.
3. Vit B Complex : membantu membersihkan kandung empedu secara efisiensi.
4. Lesitin : membantu mengurangi tumpukan lemak dan kolesterol dalam liver.
5. Temulawak : mengandung khasiat antiradang dan antiracun untuk membantu menurunkan kolesterol jahat.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah peradangan kandung empedu:

1. Jaga berat badan ideal dengan pola makan tinggi serat.
2. Kurangi karbohidrat halus, gula dan lemak.
3. Biasakan minum air sedikitnya 8 gelas setiap hari.
4. Membiasakan makan buah dan sayuran, oat bran dan pektin (jenis serat yang sifatnya larut air dan dapat membantu menurunkan kolesterol) pada apel, kubis, wortel, jeruk, kacang polong, dan oyong berguna mencegah dan membantu menghancurkan batu empedu.

Sumber: http://puspa-notes.blogspot.com/2010/02 … mpedu.html

28 Comments on Radang Kandung Empedu

  1. nurhayati says:

    makasih info”y, mw tanya dong, klo endoscape itu apa ya?

  2. Lena says:

    Semasa kuliah saya smpat divonis kolesistitis ama dokter, th 2006. Sy diberi obat yg harus diminus 1 bulan penuh..stelah itu tidak ada sakit lagi. Th 2008 kambuh lagi, ke dokter lg, n dikasi obat.Trus ga sakit. Th 2010 ampe skrg, setiap kecapean atau terlalu lama berdiri, bagian kanan atas perut sy sakit skali..stidaknya sy harus tiduran 20-30 menit baru rasa skitnya hilang dan beraktivitas lg. It’s bothering me a lot. Saya mau periksa lg tp takut disuruh operasi ama dokter, walau sbnrnya sy ada asuransi kesehatan. Sy maunya obat herbal or yg tradisional aja..please help n give me ideas. Thx.

    • contactwahyu says:

      setahu saya kalau di dalam kantung empedu sudah ada batunya, kita bisa mengkonsumsi obat seperti urdafalk, tapi harus rutin. Melihat bagian perut kanan atas anda yang sakit, kalau tidak salah sudah terjadi radang pada kantung empedu ataupun pada saluran kantung empedunya. coba cek USG lagi untuk lebih detail. Dan sejauh yang saya tahu, hanya sedikit orang yang bisa sembuh sendiri tanpa harus terjadi pengangkatan kantung empedu melalui operasi. yang paling penting adalah menjaga pola makan, kurangi makanan berlemak dan berminyak, karena kalau di kantung empedu sudah ada batunya, yang sedianya berfungsi untuk mengemulsikan lemak, jadi tidak bisa berfungsi normal. saran saya, coba cek USG dulu untuk mengetahui ukuran dan posisi batunya. kalau mau coba yang tradisional bisa dicoba dengan terapi buah apel, walaupun tidak ada jaminam berhasil 100%. semoga informasi ini membantu anda.

  3. imel says:

    ass..
    saya disini mau tanya masalah infeksi empedu,penyebab terjadinya infeksi empedu ini apa ya ???
    dan pengobatan selain terapi bisa di lakukan dengan cara apa lagi mba’ ?
    trim’s …

    • contactwahyu says:

      mungkin yang dimaksud adalah infeksi kantung empedu atau saluran empedu. biasanya infeksi ini disebabkan karena adanya pembentukan batu empedu yang ada di dalam kantung empedu. penyebabnya adalah konsumsi makanan berminyak dan berlemak yang berlebihan sehingga menyebabkan penumpukan sisa penguraian lemak yang tidak sempurna, yang lama-kelamaan akan membentuk menjadi batu. Infeksi akan terjadi apabila batu bergesekan dengan kantung empedu (karena ukuran kantung empedu ini sangat kecil) ataupun menyumbat saluran empedu. Untuk pengobatan, saat ini yang paling efektif adalah dengan operasi pengangkatan kantung empedu ini.

  4. tony says:

    saya mau tanya apakah ada hubungannya mengkonsumsi minuman beralkohol dengan kerusakan empedu..??

    • contactwahyu says:

      mungkin yg dimaksud adalah kerusakan hati? setahu saya kalau sering mengkonsumsi minuman alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan hati.

      • anyalya says:

        saya mau tanya apakah ada pengaruhnya radang empedu dengan pembesaran pada liver dan apa pantangan mengkonsumsi makanan/aktivitas bagi orang yang memiliki penyakit radang empedu agar tidak bertambah parah.trimakasih

        • contactwahyu says:

          Yang dimaksud mungkin radang kantung empedu. Setahu saya kalau sudah radang memang harus diambil agar tidak mengganggu hatinya. Kalau pantangan yang jelas tidak boleh sering mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak.

  5. anyalya says:

    saya mau tanya apa pantangan mengkonsumsi makanan/aktivitas bagi orang yang memiliki penyakit raradang empedu agar tidak bertambah parah.trimakasih

    • contactwahyu says:

      Jangan makan makanan yang terlalu berminyak, karena hal itu menyebabkan lambung bekerja ekstra karena fungsi pengemulsian lemak yang biasa dilakukan oleh kantung empedu terganggu.

  6. ari says:

    Saya kadang mengalami sakit tiba tiba dibawah perut sebelah kanan
    dan kejadiannya saat malam atau mejelang pagi… nyerinya juga cuman sebentar.. apakah ini disebut pembengkakan empedu atau radang empedu
    Kemudian tips untuk menghilangkan gejalan ini jika saya bace posting sebelumnya kurangi makanan berminyak dan lemak oke, trus cara pencegahannya dan setidaknya minum obat atau makanan yng bisa mengurangi sakit tersebut setidaknya nyeri di empedu berkurang kira kira apa ya
    Trism sebelumnya

    • contactwahyu says:

      Halo, menurut yang pernah saya baca, rasa nyeri dari gallbladder attack biasanya disebabkan oleh masuknya batu empedu ke saluran empedu sehingga menimbulkan nyeri. Rasa nyeri ini memang hanya sebentar2. Untuk obat, sebenarnya hampir semua dokter selalu menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan kantung empedu, namun ada obat yang bisa dikonsumsi, yang diyakini akan mampu menghilangkan batu empedu jika dikonsumsi secara teratur, walaupun persentase keberhasilannya juga tidak besar. Nama obatnya adalah urdafalk. Boleh dikonsultasikan dengan dokter dulu, dan sebaiknya anda cek USG terlebih dahulu untuk mengetahui ukuran dan posisi batu. Rasa nyeri bisa dihilangkan dengan mengompres bagian yang nyeri dengan handuk panas. Semoga informasi ini bisa membantu.

  7. Fitrie says:

    Thanks artikelny, berguna sekali. Saya baru mau keluar dari rs hr ini karena gejala typhus dan ada infeksi kantung empedu. Gejala typhus sudah sejak tgl 29 maret, positif paratyphus tgl 1 apr. Sejak itu hnya rawat jalan saja. Selama menderita gejala typus, perut selalu tidak nyaman, sampai 2 kali minum antibihotik, puncaknya sabtu, tgl 7 april, perut saya sakit kembung yang luar biasa sampai ke arah ulu hati..dan keluar cairan asam. Langsung ke ugd dan usg perut, lalu ditemukan radang kantung empedu, tapi tidak ada batu sama sekali, kebetulan sebelum typhus sy setiap hari rajin konsumsi vit c, vit e dan omega 3. Tapi semuanya sy hentikan ketika mengkonsumsi obat2 typhus. Dokter telah menyatakan sy boleh pulang, tnp hrs operasi. Pertanyaan saya adalah, apakah ada kaitannya antara penyakit typhus dan radang empedu yg saya alami ini ?. Fyi saya masuk kategori fat,female,forty. Mohon masukannya ya..

    • contactwahyu says:

      Halo bu, salam kenal. Yang pertama, soal ukuran badan tidak ada hubungannya dengan radang kantung empedu. Teman saya berat badannya tidak sampai 50kg, tapi batu empedunya bisa berdiameter 5cm. Sedangkan pada kasus ibu, saya pikir mungkin memang salah makan saja, karena tidak ada batu yang terdeteksi di kantung empedu anda. Setahu saya, untuk sakit typhus harusnya tidak ada hubungannya dengan sakit nyeri ulu hati disebabkan radang kantung empedu. Jadi jika dokter memang menyarankan untuk tidak operasi, mungkin hanya infeksi atau radang biasa saja.

  8. ati heryana says:

    tmima ksh artikelnya, sy skrng sdg mengalami tanda” radang empedu yg sdg dibahas di atas (sakit punggung kn, bahu kn, perut atas kn dan dada ) tp bedanya sy ga sakit cuma pegel banget dan itu sangat mengganggu aktifitas sy. Pertanyaanya apakah sy sakit empedu atw cuma msk angin biasa

    • contactwahyu says:

      rasa sakit dan nyeri akibat radang kantung empedu itu timbulnya mendadak dan tahu-tahu hilang. Serangannya juga tidak pandang waktu, bahkan bisa terjadi di tengah malam saat kita tidur, dimana kita terpaksa harus bangun tiba-tiba akibat serangan ini. Kalau dilihat, mungkin yang anda derita pegal2 biasa. Untuk memastikan sebaiknya diperiksa USG saja. Terima kasih.

  9. citra mahayu says:

    saya sudah melakukan USG pada perut n di diagnosa infeksi empedu. dan juga dokter bilang sebetulnya katanya sakit lambung n memang ada infeksi empedu… dokter bilang tidak bisa sembuh n akan kambuh” lagi…. jujur saya, panik n bingung dengan kondisi sakit ini…. terima kasih

    • contactwahyu says:

      hallo…. saat kita melakukan USG, dokter bisa tahu apakah ada batu atau tidak di dalam kantung empedu kita, karena umumnya infeksi terjadi saat batu empedu bergesekan dengan kantung empedu atau saluran kantung empedu. bisa ditanyakan kembali ke dokter, apakah di kantung empedu anda ada batunya? ada banyak terapi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini, namun pengangkatan kantung empedu melalui operasi masih merupakan solusi yang terbaik. Jika di kantung empedu anda ada batu, maka kerja lambung akan terganggu, apalagi jika anda mengonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak, karena tempat untuk mengemulsikan lemak (kantung empedu) tidak berfungsi normal akibat ada batunya.

  10. Befiantami says:

    Selamat malam mas. Saya mau tanya nih, ayah saya juga udah positif infeksi kantung empedu. Kata dokter ada benjolan lunak yang mengakibatkan infeksi, tetapi tidak terdeteksi adanya batu. Dan akibat infeksi ini terjadi sedikit pengerasan hati. Bisa tidak kalau pengobatan dengan cara akupuntur atau alternatif mas? Terimakasih

    • contactwahyu says:

      hallo… kalau infeksi akibat lainnya, mungkin sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter saja. karena yang saya tahu, terapi pengobatan khusus untuk infeksi yang diakibatkan batu empedu. Terima kasih.

  11. imelfitriani says:

    sy mo nanyakn obat urdafalk tu bs didpt dr doktrnya ato bs dibeli sendiri…trus obat urdafalk tersebt komponennya ap2 aj..krn ortu sy skrg lg dirwt dgn diagnosa pembengkakn empedu dan pembengkakkn hati…mksh atas jwbnnya

  12. Miss aida says:

    Sekitar 2 bln yg lalu mamaku di rwt di rs,di diagnosa dokter trjadi infeksi empedu tp ga ada batu.a cos udh di usg & scan ttp ga kelihatn… kurang lebih setengah bln beliau di rwt di rs,trus mnta rwt jln aja… kt dokter mslh di dlm sdh ok tinggal ngilangin kuning.a aja,tp bukan.a mmbaik kondisi.a makin kritis & skrng beliau udh ga ada yg bikin bingung knp udh di usg bbrp kali tp ga klhtn batu empedu.a,obat yg di mnm jg blm hbs

    • contactwahyu says:

      sorry to hear that… kalau dilihat sekilas, kemungkinan sudah kena livernya ya, karena uda sampai kuning. soalnya setahu saya pembengkakan kantung empedu bukan hanya akibat batu empedu saja, tapi bisa juga karena memang ada infeksi di livernya.

  13. udur novelia says:

    hallo….
    saat papa saya melakukan USG ternyata kata dokter hasilnya pembengkakan pada empedu,pada tengah malam perut papa saya sering terasa sakit seperti di sayat2..kira2 untuk pengobatan supaya rasa nyeri berkurang apa yach…slnya obat yg di berikan oleh dokter blm ada hasil.trim’s