Edisi 32 ini adalah edisi pertama yang ditranslate setelah salah seorang fans Animorphs, yang telah melakukan proses terjemahan sebanyak 4 edisi berturut-turut, tampaknya sudah tidak melanjutkan ke edisi selanjutnya.

Saya mungkin seorang dari sekian banyak fans nya Rachel, jadi awalnya cukup senang saat mendapat kesempatan untuk terjemahin edisi 32 ini. Sebelumnya saya memang belum pernah membaca ceritanya. Ternyata setelah masuk ke dalamnya, saya menjumpai sosok Rachel yang tidak seperti biasanya. Jadi awalnya juga agak kaget, tapi apa mau dikata, terjemahan tetap jalan terus sekalipun penokohan Rachel yang saya dapatkan sangat jauh berbeda dengan tokoh Rachel yang biasanya kita kenal.

Dan secara keseluruhan, edisi 32 ini menurut saya agak membosankan. Karena ceritanya berkisar pada konflik internal antar anggotanya sendiri. Untungnya masih ada misi yang harus diselesaikan, yaitu menyusup ke markas Yeerk untuk menghancurkan senjata AMR (kisah ini berlanjut di edisi 33 selanjutnya). Dan parahnya lagi, edisi 32 ini tidak banyak mengupas tentang misteri atau rahasia apapun yang mungkin bisa berlanjut di edisi2 selanjutnya. Dengan kata lain, kalaupun kita tidak membaca edisi 32 ini, kita tidak akan ketinggalan informasi di edisi selanjutnya. Untuk proses translatenya sendiri sebenarnya cukup menantang, karena kita dihadapkan pada dua tokoh yang sama2 menjadi narrator (sudut pandang orang pertama) namun mempunyai sifat yang sangat bertolak belakang. Dan di awal buku, pada field trip, ada cukup banyak bahasa indah ataupun idiom yang digunakan, sehingga untuk translatenya juga tidak bisa langsung kata-per-kata.

Namun, overall, edisi 32 ini tetaplah menarik untuk dibaca. Silakan langsung download linknya disini… https://www.mediafire.com/?qbat4acqez2hjrw

Tags: , , , ,