Jika Anda suka membaca novel fiksi remaja di tahun 97-98, mungkin Anda pernah tahu ada sebuah serial remaja yang berjudul Animorphs, yang mengisahkan sepak terjang kelima remaja manusia ditambah dengan seorang remaja alien, yang disebut Andalite. Jake, Rachel, Tobias, Cassie, Marco dan Ax. Keenam remaja ini bertempur melawan invasi Yeerk ke bumi. Yeerk adalah alien yang lain lagi, yang dalam kondisi normalnya sangat lemah, karena bentuknya seperti siput. Tapi kemampuan yang dimilikinya sangatlah luar biasa dimana mereka bisa memperbudak makhluk lain, termasuk manusia. Sepanjang perjalanan novel Animorphs ini menceritakan perlawanan sengit Animorphs melawan Yeerk dengan dibumbui kisah asmara yang terjalin antar anggotanya dan juga lelucon kocak khas remaja masa itu.

Namun sayangnya, sekalipun edisi aslinya dicetak sampai seri ke 54, di Indonesia, serial ini hanya diterjemahkan sampai seri ke 27 saja karena sesuatu alasan. Dan kebetulan ada salah seorang fans yang dengan baik hati menterjemahkan serial Animorphs untuk edisi ke 28, 29, 30 dan 31, yang dapat dilihat melalui blognya di https://hystericalinside.wordpress.com/tag/terjemahan-animorphs/
Sayang, setelah seri ke 31,kelihatannya beliau sudah tidak aktif untuk menterjemahkan seri-seri berikutnya.

Belakangan, saat berselancar di internet, saya menjumpai sebuah group bernama Animorphs Indonesia yang ada di facebook. Saya jadi tahu bahwa fans Animorphs di Indonesia ternyata cukup banyak dan banyak juga yang masih antusias berusaha mengetahui cerita selanjutnya dari sepak terjang Jake dan kawan-kawannya. Jadi sekalipun banyak diantara mereka yang sudah tahu kisah lengkap dari Animorphs lewat eBook versi Inggrisnya disinihttp://animorphsforum.com/ebooks/ namun tidak sedikit pula dari teman-teman yang merindukan edisi bahasa Indonesia dari Animorphs. Sedangkan untuk edisi bahasa Indonesia versi cetak yang discan, dapat diunduh melalui link berikut:http://ebukulawas.blogspot.com dimana yang tersedia disana tentu saja adalah versi cetak bahasa Indonesia edisi no 1-27.

Saya sendiri suka dengan kisah Animorphs, meskipun saya bukan salah satu dari penggemarnya yang fanatik. Saat saya bergabung di group Animorphs Indonesia yang ada di facebook, dan saat saya tahu tidak sedikit pula teman-teman yang mendambakan ebook edisi bahasa Indonesia, maka saya mencoba untuk berpartisipasi menterjemahkan ebook Animorphs versi bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Ternyata untuk proses menerjemahkannya tidaklah mudah. Hal itu karena saya harus bisa merasakan emosi dari tokoh yang saat itu menjadi narator. Jadi Animorphs ini ditulis dengan gaya bahasa orang pertama, dimana dalam melakukan proses translate, kita benar-benar diminta untuk menggambarkan suasana hati dari si tokoh utama. Dan supaya lebih natural, saya harus menyesuaikan gaya bahasa yang digunakan oleh Jake dan teman-teman, menjadi serupa dengan apa yang sudah pernah ditulis di edisi-edisi sebelumnya.

Tapi tentu saja sebelum saya memutuskan untuk menterjemahkan buku Animorphs, saya mempunyai beberapa pertimbangan bahwa apa yang saya lakukan ini semata-mata hanyalah untuk mengobati rasa rindu dari teman-teman penggemar Animorphs di Indonesia, dan mengingat Animorphs yang terbit di Indonesia memang hanya sampai buku ke 27 saja.

Jadi dimulailah proses terjemahan buku ke 32 dengan segala kekurangan dan keterbatasannya di sana sini. Dari proses terjemahan ini, secara pribadi, banyak hal yang saya pelajari, khususnya bahwa dalam bahasa Inggris ternyata ada karya sastra yang cukup indah dalam menggambarkan keadaan alam. Dan banyak pula ungkapan2 yang terselip, yang tidak mungkin ditranslate secara langsung, melainkan harus dipahami benar2 artinya.

Salah seorang rekan saya Dewi, yang juga penggagas lahirnya blog ini, rupanya juga bersedia menterjemahkan salah satu edisi, dimana dia akhirnya berhasil menyelesaikan proses terjemahan buku edisi 34.

Blog ini berisi jurnal dari proses terjemahan buku2 Animorphs yang belum sempat terbit di Indonesia. Semoga dengan adanya blog ini, teman2 pecinta Animorphs di seluruh tanah air bisa terobati rasa kangennya terhadap kisah2 Animorphs. Kami berencana untuk melakukan terjemahan sampai edisi terakhir. Untuk itu kami mengundang teman2 yang tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam project ini, yang ingin menyumbangkan bantuannya dalam bentuk apapun ataupun yang ingin bergabung dalam project team, silakan menghubungi admin.

Dan… selanjutnya seperti yang Rachel selalu katakan… <Ayo kita lakukan.>

Brooke Nevin as Rachel

Tags: , , ,