Codea adalah pemrograman berbasis bahasa pemrograman Lua. Dengan Codea, kita bisa membuat aplikasi iPad, khususnya untuk membuat aplikasi game. Untuk download Codea, kita dapat mengakses App Store dan membeli aplikasi Codea dengan harga US$ 10. Saat pertama kali kita membuat new project di Codea, Codea akan memberikan 2 buah function default yaitu function setup() dan function draw()

Sekarang kita akan belajar membuat animasi sprite kita yang pertama di Codea. Perlu dicatat, function draw() akan dieksekusi dengan interval kira2 60x dalam satu frame. Artinya, untuk melakukan animasi yang melibatkan looping (memindah object dari satu lokasi ke lokasi lainnya), kita cukup memasukkan inisial nilai awal di function setup() dan memasukkan counternya di function draw(). Berikut adalah snippet code nya

— program animasi dasar

— function setup digunakan untuk inisialisasi awal variabel

function setup()

   x=50

   y=50

   d=60

   dx=2

   dy=2

end

 

— function draw akan dipanggil secara terus menerus

function draw()

   background(200, 200, 50)

   pushStyle()

   fill(255,0,0,255)

   x = x + dx

   y = y + dy

   sprite(“Planet Cute:Character Princess Girl”,x,y,d,100)

   popStyle()

   if x<d/2 or x>WIDTH -d/2 then dx=-dx end

   if y<d/2 or y>HEIGHT -d/2 then dy=-dy end

end

Pada program di atas, saya memasukkan sprite princess yang ada di library Codea dan digerakkan mendatar sepanjang sumbu x dan y, lalu setelah mencapai batas akhir layar, gerakan animasi akan berpindah ke arah yang berlawanan, begitu seterusnya. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kita belajar dasar-dasar pemrograman Lua terlebih dahulu untuk memahami sintaks programnya (http://lua.org)