Edisi kali ini spesial didedikasikan terutama bagi para Dewa yang berseliweran di arena DotA. Walaupun ada suara2 sumbang yang mendiskreditkan pihak tertentu dan mati2an ngotot untuk mentahbiskan pihak tertentu menjadi Dewa, ada baiknya kita tilik sedikit tentang ciri2 seorang Dewa di arena perDotAan yang sudah diadaptasi dari beberapa sumber:

– biasa ny klo dewa org ny diem

– trus maen ny tactical bgt

– trus selalu bantu team

– jago creeping.

– timingnya tepat.

– selalu memberi semangat kepada teamnya.

– Never praised nor crowned himself. Example, if a player said “I’m pro. . .” then that player isn’t a pro, just a lucky noob retard.

– Rarely speak through game.

– Have an incredible teamwork to anyone, without exception.

– They’re dislike tiresome game like fight with noobs.

– Rarely shown at public game.

– lebih bnyk menggunakan skill individu ( apabila team dah jelas” terlihat bego)

– tidak prnh komplain ke team.. ( walaupun teamny bego )

– awalnya bilang: “KK, SAYA COPO. MOHON BANTUANNYA”

tapi dalam 30 menit dah kill 8-10 an. ga mati pula.

– main dengan skiLL

– bs mengubah kekalahan menjadi kemenangan gemilang

– gk mudah putus asa

– gk menyalahkan team

– Klo Di Sampah g’ marah, Dengan sante dia Bilang ” Sep “

– Lebih SUka Maen dengan mode no np (-apsp doank)

– Klo ada Tim nya yg ATM, dengan lembut dia Bilang “Kamu jgn Sendiri, Ntar di bokong”

– KLo dia Kill byk, saat ada yg memuji dengan jujur dia bilang , “Lagi Hoki Gw kali y hahaha”

– Klo Menang Dengan Sportif dia bilang ke musuh ” Thx Game nya Seru bgt kk, Maen lagi y “

– Klo dia Di bacotin dengan tenang dia bilang , ” mAap Cacat saya ” tapi ntar dia yg paling jago hahaha

– Klo Kalah dengan dengan enteng dia bilang ” aduh Kalah kita kk, Lagi g’ beruntung haha”

– Suka support Tim yg ATM dengan membantunya ngekill hero ( Dia cuman assist-red)

– Ga peduli disampah

– Ga marahin tmn yg cupu, karna nyadar dia dulu jg cupu

– Oke pke hero apapun, mau swap ama temen yg ga bisa pke hero yg didapet

– Menghargai perlawanan musuh, walaupun cupu ruarr biasa

– Ga bakal perna leaver, walaupun tmnnya sampe death 30 kill 0

– Mng kalah oke

– Klo ngekill kalem ga bacot :ok:

– Klo di KILL ga Alibi :ok:

– Dari awal game ga bacot ampe akhir :ok: (coz ada yg awalnya ga bacot trus pas menang lgs bacot, klo kalah alibi)

– Trus klo maen ga bergantung ama hero musuh or eqp, eqp msh cupu jg bisa GODLIKE :ok:

– Klo salah ga buang body :ok: (lempar kesalahan ke temen setim)

– Klo ketemu lawan yg sangat2 cupu ga di bacotin melainkan di bimbing :ok: (coz org yg udah di atas hrsnya inget bagaimana saat di msh di bawah dulu, pendek katanya dia inget dulu pas msh cupu)

– Ga INDIVIDUALIS tetapi TEAMWORK yg di utamain :ok:

– Jago Deny, LH :ok:

– Pinter SURVIVE klo udah mao mokad :ok: (entah itu gocek” musuhnya, ato motong jalan dgn makan pooon lah, etc)

– Klo di gangbang musuh ga panik :ok: (msh bisa kabur dgn rute yg ga kepikiran org lain jika org tsb panik) – INTI nya sama kyk kata” Niken “TALK LESS DO MORE” :ok:

Sebenarnya definisi Dewa/Imba banyak dicari di Internet, namun untuk memuaskan beberapa pihak tertentu yang mati2an ingin memberikan gelar Dewa kepada pihak tertentu pula demi mendapatkan kemudahan dalam bermain, maka penulis sudah merangkumnya dan menulisnya disini. Kalau dibaca sekilas, kebanyakan dari ciri2 Dewa memang sudah ada pada diri Babel. Sedangkan pihak yang dirujuk untuk dijadikan Dewa sebenarnya sangatlah tidak pantas, terbukti ada beberapa ciri yang nyata2 berlawanan dari dirinya seperti:

– Klo di KILL ga Alibi

Padahal saat mati, selalu cari2 alasan yang mousenya ga enaklah, yang lose kontrollah atau yang lebih parah,komputernya yang tau2 disconnect 🙂 -> BUKTI BUKAN DEWA

Sedangkan Dewa Babel, reaksinya saat dikill adalah tetap tenang dan menunggu timing untuk strikes back. Hal ini sudah beberapa kali terbukti dengan Meeponya yang awal2 sudah dibantai beberap kali, namun hasil akhirnya justru menang gemilang.

– gk mudah putus asa

Belakangan ini kembali mewabah dimana selalu saja ada yang leaver di tengah2 pertandingan. Sedangkan Dewa Babel, tidak sekalipun leaver sekalipun teman2nya copo.

Mungkin dengan membaca beberapa argumen di atas, para Jawara DotA yang bertanding dapat terbuka dan menyadari bahwa tidak ada seorang pun kecuali Dewa Babel yang layak menyandang gelar Dewa. Dan anggapan untuk “memaksa” memberikan gelar Dewa kepada salah satu player sangatlah tidak bisa dibenarkan karena yang bersangkutan juga sudah menolak karena memang tidak layak menjadi Dewa. Sedangkan argumen yang mengatasnamakan rakyat yang mendukung salah satu pemain menjadi Dewa juga tidak dapat dibenarkan, karena hal itu semata2 tidak dapat diterima hanya karena pengangkatan sepihak.

Tanpa banyak menunggu lagi, berikut adalah kisah perjalanan Dewa Babel

Babel bergabung dengan tim DotA 225 sebenarnya sudah cukup lama. Jumlah player yang bertanding saat itu sebenarnya juga kurang lebih sama dengan yang sekarang. Namun satu hal yang menjadi nilai plus Babel sebelum dia masuk ke jenjang para Dewa adalah konsistensinya dalam menggunakan hero. Hero awal yang digunakan Dewa Babel saat itu adalah Traxex dan permainan saat itu tidaklah semenarik sekarang, karena para pemain hanya melawan AI, itupun yang EASY, dikarenakan Sketcher alias Angling, yang ditengarai sebagai pendiri clan DotA 225, masih kurang pede dalam menggunakan AI Insane.

Ketekunan Babel membuahkan hasil, ketika semakin banyak pemain berdatangan yang mana mulai memaksa dia untuk meninggalkan kampret zonenya. maka didapatilah hero Kardel dimana Babel saat itu mungkin masih belum berani menggunakan hero melee. Dimulailah sesi tanding antar player dan sosok Babel saat itu memang tidak terlalu mencolok seperti Dirty Dewa Syu. Konsistensi Babel dalam menggunakan hero memang patut diacungi jempol. Coba lihat saja, ada beberapa player yang walaupun masih baru bermain, namun selalu berganti2 hero. Sebut saja sebuah nama seperti yasalam, yang belakangan ditengarai Juragan mengekor hero yang digunakannya (no offense) dan Rahadi yang menggunakan hero2 underdog yang selalu berganti2 (no offense). Babel sendiri selalu setia menggunakan satu hero sampai hero tersebut benar2 dikuasainya luar dalam.

Semenjak bergabungnya Dirty Dewa Syu ke dalam tim, Babel seolah mendapat pencerahan. Dengan bekal permainan 3D Shooting, dia lalu mengasah skillnya sedemikian rupa, terutama penjariannya untuk shortcut dan instingnya. Dan cara ini terbukti sangat manjur. Dalam hitungan bulan, Babel bisa melewati kemampuan player2 lainnya dengan sangat gemilang. Dan bahkan saat tulisan ini ditulis, tidak seorangpun yang bisa memainkan Meepo sebaik permainan Babel (termasuk Dirty Dewa Syu). Sebenarnya satu alasan ini sudah lebih dari cukup untuk mengangkat Babel menjadi Maha Dewa DotA karena bahkan Syu sendiri tidak mampu memainkan Meepo.

KeDewaannya semakin terbukti saat terakhir Babel mampu dengan sangat piawai menggunakan hero yang nyata2 baru, yaitu Goblin Shredder dengan sangat baik dan bahkan hero baru ini sudah langsung ditakuti oleh musuh2nya sebelum Juragan dengan hero atos2annya termasuk Barathrum berhasil menjegal Shredder dalam beberapa kali permainan. Namun yang jelas, Babel tetaplah Dewa dan yang paling menarik dari sisi Dewa Babel adalah dia mampu memberikan kejutan2 buat teman2 setimnya maupun lawannya, dimana dia bisa melakukan strikes back apabila menggunakan hero yang tepat, dan sebaliknya, dia bisa langsung menjatuhkan mental teman2 timnya ketika dia tahu2 milih hero yang lain seperti techies. Tetap semangat Dewa Babel!!!

===