Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang struktur program Android. Saat pertama kali kita create project dengan Eclipse, Android akan otomatis membuat barisan perintah berikut ini pada class yang sedang aktif.

package com.example.tes;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;

public class TesActivity extends Activity {
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
}

}

Beberapa teman menanyakan tentang struktur program Android diatas. Class TesActivity yang merupakan class turunan dari Activity, yang diikuti dengan perintah override, dimana metode onCreate yang digunakan adalah metode yang ada di class TesActivity, bukan class parent. Sedangkan perintah super.OnCreate, mengacu pada metode OnCreate yang ada di class Activity.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan penggalan program berikut:

class A { public void DoSomething() { Output("A"); } }

Anggaplah perintah output digunakan untuk menncetak. Maka pada kasus diatas apabila kita menjalankan A.DoSomething() akan menghasilkan output “A”.

Selanjutnya, jika kita mempunyai class B

class B extends A { }

Maka jika kita menjalankan B.DoSomething() akan menghasilkan output “A” juga.

Namun jika kita mempunyai class B seperti ini,

class B extends A { @Override public void DoSomething() { Output("B"); } }

Maka jika kita memanggil B.DoSomething() akan menghasilkan output “B”.

Jika kita modifikasi menjadi seperti ini,

class B extends A { @Override public void DoSomething() { super.DoSomething(); Output("B"); } }

Maka jika kita eksekusi perintah B.DoSomething() akan menghasilkan output “A” dan kemudian “B”.

Semoga ilustrasi sederhana di atas dapat memberikan sedikit pemahaman tentang struktur awal program Android. Beberapa orang mengatakan bahwa onCreate itu semacam main(String[] args) function di program Java yang biasa dimana merupakan tempat kita menyisipkan coding kita nantinya.

Oleh: Wahyu Kurniawan