Review film adalah pendapat seseorang tentang sebuah film. Karakter pemeran utama, plot, setting, dan hal-hal positif serta negatif yang terdapat dalam film harus bisa dielaborasi dalam sebuah review.

Judul – Buatlah judul yang menarik.

Paragraf 1 – Pembukaan, buat kesimpulan secara umum tentang film tapi jangan detail tentang akhir dari film.

Paragraf 2 – Tulis hal-hal positif tentang film tersebut, apa yang Anda sukai dan mengapa. Misalnya tentang ceritanya, setting, penggunaan efek, atau musiknya.

Paragraf 3 – Tulis hal-hal negatif yang tidak Anda sukai, seperti pada paragraf 2.

Paragraf 4 – Bahas tentang karakter yang ada dalam film, apakah Anda menyukainya. Apakah aktor dapat memerankan karakter tersebut dengan baik atau lainnya.

Paragraf 5 – Komentar akhir, mungkin Anda ingin menuliskan sesuatu yang bisa menginspirasi yang membaca untuk nonton juga atau sebaliknya.

Terakhir beri star rating sesuai penilaian Anda, 1 – 5 star rating.

Contoh Review Film Avatar

Sekali lagi James Cameroon membuat film yang SENSASIONAL…!!
Semua orang yang sudah menonton film ini pasti berkata WOW…!!

Avatar menampilkan CGI yang sangat mulus, hutannya terlihat sangat nyata. Ekspresi, mimik dan gerakan Na’vi sangat halus dan persis menyerupai manusia asli, detail binatang – binatang pun tak luput dari kacamata sang sutradara briliant ini.

Plot cerita yang sangat bagus dan ini yang membuat AVATAR tak hanya film yang mementingkan EFEK seperti HULK, G-FORCE dan masih banyak lagi yang melupakan plot cerita dan hanya menjual EFEK. Hebatnya lagi James Cameroon menambah bahasa bangsa setempat (Na’vi) yang semakin membuat film ini terlihat sangat realistik.

SKOR :
(skala 1 – 7)

EFEK / PENGAMBILAN GAMBAR : 6.5
CERITA : 5
AKTING PEMAIN : 5.5
KESELURUHAN : 5.65

Sumber:
http://kirman.wordpress.com/2012/02/09/cara-menulis-review-film/
http://pathya.wordpress.com/2010/01/02/review-film-avatar/