Untuk membuat komik yang mengandung cerita, dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

PERSIAPAN

1. Tentukan Ide Pokok cerita yang akan dibuat
Dengan penentuan ide cerita, kita akan mendapatkan gambaran dari keseluruhan komik.

2. Tentukan karakter atau tokoh yang terlibat
Kita dapat melanjutkan dengan penentuan tokoh utama, tokoh protagonis dan antagonis.

TAKING SHOT

3. Tentukan setting yang dipakai
Saat pengambilan foto, kita perlu mencari setting/latar yang sesuai dengan ide cerita yang sudah kita tentukan sebelumnya.
Contoh: untuk komik dengan ide cerita persahabatan siswa, maka setting untuk pengambilan foto dapat diambil di sekolah. Namun untuk cerita dengan topik yang berbeda, misalnya misteri, pengambilan foto dapat dilakukan di rumah yang sepi, di halaman yang kosong, ataupun di taman, sehingga kesan misterinya bisa terasa.

4. Gunakan kostum yang sesuai
Agar komik kita nantinya lebih hidup, pemilihan kostum yang sesuai dengan cerita sangat menentukan keberhasilan komik dalam memikat pembaca

5. Mimik dan Pantomimik
Unsur yang harus diperhatikan selanjutnya adalah ekspresi mimik dan pantomimik dari karakter yang terlibat di dalam cerita. Tentu saja harus disesuaikan dengan tema cerita. Karakter akan terlihat ceria dan gembira untuk cerita yang bertema gembira. Sebaliknya, mimik sedih, gelisah harus ditampakkan pada tema cerita yang sedih.

KOMPILASI FOTO

6. Menyusun layout
Layout disusun dengan bentuk yang berbeda tiap halaman. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak merasa bosan dengan format komik yang monoton.

7. Gunakan Efek Foto maupun warna
Penggunaan efek foto maupun warna dapat pula dimanfaatkan untuk membuat komik menjadi lebih menarik.

Oleh: Wahyu Kurniawan