Terlalu banyak kalium dalam tubuh dinamakan hiperkalemia, terlalu sedikit kalium tubuh disebut hipokalemia. Keseimbangan kalium tubuh dipengaruhi imbang natrium dan magnesium plasma. Misal kebanyakan natrium pada diet orang barat yang banyak konsumsi garam akan berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan kalium tubuh

Kadar kalium dalam darah orang normal 3,5-5 mEq/liter. Olahragawan membutuhkan asupan kalium lebih banyak karena banyak mengeluarkan keringat. Pengguna obat pencahar juga butuh asupan kalium lebih untuk menggantikan kalium yang keluar akibat proses diuretik. Sebaliknya, orang yang mempunyai penyakit diabetes dan gagal ginjal disarankan tidak mengasup kalium terlalu banyak. Ini karena tubuh mereka tidak dapat lagi secara normal memetabolisme mineral ini.

Ginjal juga mengeluarkan banyak kalium pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar kayu manis atau mengunyah tembakau. Kalium bisa hilang lewat air kemih karena beberapa alasan. Yang paling sering adalah akibat penggunaan obat diuretik yang menyebabkan ginjal membuang natrium, air, dan kalium dalam jumlah berlebihan.

Apa akibatnya kalo tubuh kita kekurangan Kalium?
Orang yang kekurangan potasium lebih berisiko terkena penyakit hipertensi, yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan stroke.
– Jika kadar kalium dibawah 3,0. Kerjanya tidur terus dan tampak damai.
– Jika kadar kalium dibawah 2,5. Sadar tetapi kondisi tubuh lemas dan malas.
– Jika kadar kalium dibawah 2,0. Kelihatan seperti gejala stroke ringan.
– Jika kadar kalium sudah sangat rendah bisa menyebabkan kematian.

Dimana kita bisa menemukan si Kalium ini?
Kalium ternyata banyak terdapat pada Kelapa Hijau dan Pisang. Dua buah ini memang terkenal banget dengan kegunaannya yang banyaaaaaak sekali. Gak nyangka diberi anugerah lagi dari Tuhan buat nyimpen ini Kalium yang banyak di dalamnya. Tapi masih banyak makanan lain juga yang mengandung Kalium. Bisa dicek di alamat berikut: http://www.ygdi.org/_patientinfo.php?view=_kadar_kalium