SUBJECT: TEKNOLOGI INFORMASI & KOMPUTER

CLASS: X


Pilihlah jawaban yang paling tepat!!!

 

1.   Salah satu kegunaan dari program Flash adalah sebagai berikut, kecuali…

a. membuat animasi pendek

b. membuat game

c. membuat situs web interaktif

d. membuat presentasi yang interaktif

e. mengedit video clip

 

2.   Apa yang dimaksud dengan teknologi animasi? …

a. Gambar bergerak.

b. Teknik gambar yang bergerak mengikuti pola tertentu.

c. Mengerakkan gambar dengan menggunakan bantuan computer.

d. Teknik merancang dan membangkitkan gambar yang bergerak mengikuti pola tertentu.

e. Gambar yang bergerak di dalam computer.

 

3.   Apa fungsi Library didalam Flash ? …

a. Tempat menyimpan Simbol

b. Tempat menyimpan gambar-gambar

c. Tempat menyimpan video

d. Tempat menyimpan font dan warna

e. Tempat menyimpan simbol-simbol dan gambar

 

4.   Fungsi Mask pada flash adalah ….

a. Membuat tulisan muncul satu-satu

b. Membuat animasi teks

c. Menutup bagian animasi

d. Memunculkan bagian yang tertutup shape

e. Membuat gerakan dramatis

 

5.   Apa fungsi keyframe dalam animasi flash ? …

a. Frame yang menentukan perubahan pada animasi.

b. Frame yang berisi action script

c. Frame kosong untuk menggambar suatu kunci animasi

d. Frame untuk mengatur kecepatan animasi

e. Frame untuk menghentikan animasi

 

6.   Fungsi Paint Bucket tools pada software flash adalah …

a. Mewarnai shape

b. Memberikan efek gradasi

c. Memberikan efek gradasi radial

d. Mewarnai shape dengan warna solid

e. Menggambar dengan berbagai kombinasi warna

 

7.   Singkatan dari fps adalah …

a. frame per second

b. file per second

c. keyframe per second

d. frame rate per second

e. file rate per second

 

8.   Untuk memberi warna pada shape digunakan tool dibawah ini …

a. Transform Tool

b. Selection Tool

c. Sub Selection Tool

d. Paint Bucket Tool

e. Eye dropper Tool

 

9.   Macam-macam teknik animasi Flash adalah sebagai berikut kecuali …

a. Shape Tween

b. Motion Tween

c. Frame by Frame Animation

d. Motion Guide

e. Masking

 

10.  Komponen dalam Flash untuk meletakkan object di layar adalah …

a. Frame

b. Layer

c. Keyframe

d. fps

e. Library

 

11.  Semakin kecil angka fps, maka animasi yang dihasilkan semakin …

a. lambat

b. cepat

c. lambat, terus berangsur-angsur cepat

d. cepat, terus berangsur-angsur lambat

e. tetap, tidak beubah

 

12.  Apa yang dimaksud dengan Movie Clip ? …

a. Komponen Flash untuk mengedit video

b. Komponen Flash yang memungkinkan kita membuat animasi lain di dalam animasi yang sudah ada

c. Komponen Flash untuk memberikan gradasi warna pada object

d. Komponen dasar untuk membentuk animasi

e. Komponen Flash untuk membuat scene yang baru

 

13.  Tool untuk menghapus gambar di Flash dinamakan …

a. Eraser Tool

b. Pen Tool

c. Rotating Tool

d. Transform Tool

e. Paint Bucket Tool

14.  Icon mata pada layer berfungsi untuk …

a. Mengubah sudut pandang dari animasi

b. Menampilkan dan menyembunyikan layer

c. Memberikan efek gradasi radial

d. Memperjelas setiap object pada stage

e. Memperhalus komposisi warna dari gambar yang ada

 

15.  Proses mengubah gambar bitmap menjadi bentuk shape di dalam Flash disebut …

a. Import Image

b. Distort Image

c. Tracing Image

d. Render Image

e. Convert Image

 

16.  Adapun file-file gambar yang dapat dimasukkan ke dalam animasi Flash adalah, kecuali …

a. JPEG

b. BMP

c. CDR

d. GIF

e. PNG

 

17.  Fungsi Lasso tools pada software flash adalah …

a. Menyeleksi object yang bentuknya tidak beraturan

b. Membuat transisi object dari satu tempat ke tempat lain

c. Menggambar object yang sulit

d. Membuat gradasi warna dengan efek yang memukau

e. Meletakkan object lain diatas object yang sudah ada

 

18.  Keuntungan Animasi Motion Tween dibandingkan dengan Frame by Frame adalah, kecuali …

a. Lebih cepat

b. Bisa menghilangkan object

c. Mampu mengubah bentuk object

d. Mengubah komposisi warna object dengan efek fading

e. Mampu membuat efek transparency

 

19.  Syarat utama Motion Tween adalah …

a. Minimal mengandung dua keyframe dan bentuk object harus sama

b. Harus mengandung dua layer

c. Tidak boleh ada keyframe lain di tengah-tengah motion tween

d. Objectnya harus mengandung warna yang solid

e. fps harus minimal 12 fps

 

20.  Object yang bisa disimpan di dalam Library adalah, kecuali …

a. Gambar

b. Suara

c. Movie Clip

d. Layer

e. Video

 

21.  Jenis animasi untuk mengubah bentuk object dari satu bentuk ke bentuk yang lain adalah …

a. Motion Tween

b. Shape Tween

c. Motion Guide

d. Mask

e. Movie Clip

 

22.  Alasan Paint Bucket Tool tidak bisa mewarnai object adalah …

a. Object yang diwarnai tidak berbentuk bidang

b. Objectnya berbentuk lingkaran

c. Objectnya berada di dalam keyframe

d. Objectnya tidak beraturan

e. Objectnya berbentuk polygon

 

23.  Pada saat kita menekan COMMAND+ENTER, file animasi yang dihasilkan berekstensi …

a. .exe

b. .ppt

c. .swf

d. .fla

e. .flash

 

24.  Bidang Flash yang dibuat untuk menggambar disebut …

a. Layer

b. Stage

c. Frame

d. Symbol

e. Scene

 

25.  Salah satu cara untuk menghindari dua shape yang saling tumpang tindih adalah …

a. Memisahkan dua shape ke dalam dua layer yang berbeda

b. Memberikan warna yang berbeda agar tidak tercampur

c. Membuat object yang berbeda sehingga mudah dibedakan

d. Tidak meletakkan object pada satu tempat

e. Menggunakan teknik animasi yang berbeda

 

26.  Metode yang paling mudah dan cepat untuk membuat animasi bola memantul-mantul adalah …

a. Mask

b. Shape Tween

c. Motion Tween

d. Frame by Frame Animation

e. Motion Guide

 

27.  Metode yang paling mudah dan cepat untuk membuat animasi lalat yang sedang terbang  adalah …

a. Mask

b. Shape Tween

c. Motion Tween

d. Frame by Frame Animation

e. Motion Guide

 

28.  Efek transparansi pada animasi Motion Tween dinamakan …

a. Alpha

b. Tint

c. Mask

d. Guide

e. Transform

 

29.  Sedang efek perubahan warna berangsur-angsur pada animasi Motion Tween dinamakan …

a. Alpha

b. Tint

c. Mask

d. Guide

e. Transform

 

30.  Fungsi dari Ink Bottle Tool adalah …

a. Mewarnai bidang

b. Mewarnai garis tepi bidang

c. Memberi efek gradasi pada bidang

d. Membaca kode warna pada warna yang ada

e. Memberikan efek transisi pada object yang dianimasikan

 

31.  Untuk menampilkan teks pada Adobe Flash kita menggunakan …

a. Text tool

b. Pencil tool

c. Line tool

d. Pen tool

e. Brush tool

 

32.  Untuk menduplikasi object dapat dilakukan dengan shortcut …

a. Command + C

b. Command + D

c. Command + B

d. Command + V

e. Command + Shift + V

 

33.  Untuk mengetes movie, kita menggunakan …

a. F8

b. Command + B

c. Command + Shift + V

d. Command + Enter

e. Enter

 

34.  Panel yang digunakan untuk menyimpan object dalam bentuk graphic, picture, buttons, movie dan sound yang dibuat langsung dari stage dataupun dari proses import adalah …

a. Timeline panel

b. Library panel

c. Property panel

d. Action panel

e. Color panel
 

35.  Jenis animasi di dalam flash yang mengharuskan kita untuk menggambar pada setiap frame dinamakan …

a.   Motion

b.   Shape

c.    Frame by frame

d.   Movie clip

e.   Graphic

 

36.  Command + A digunakan untuk …

a. Undo

b. Copy

c. Paste in Place

d. Select all

e. Test movie

 

37.  Zoom Tool digunakan untuk …

a. Memperbesar dan memperkecil stage

b. Mengkonversi object ke symbol

c. Memberikan efek pembesaran pada masing-masing object

d. Transisi object dari satu tempat ke tempat lainnya

e. Membesarkan volume suara yang sudah diimport

 

38. Pada gambar berikut ini, indikasi garis titik-titik menunjukkan bahwa …

 

  1. Object belum dikonversi menjadi symbol
  2. Object tidak dalam bentuk shape
  3. Tidak ada object pada awal animasi
  4. Tidak ada object pada akhir animasi
  5. Animasi Motion Tween belum dibuat

 

39.  Icon trash bin yang terletak di bagian bawah panel layer berfungsi untuk …

a. Hanya sekedar tampilan saja

b. Menghapus object yang ada di stage

c. Menghapus layer

d. Memulai semua dari awal

e. Membuat scene baru

 

40.  Symbol yang dapat mempunyai timeline sendiri dan mengandung multi frames dan dapat berupa animasi adalah …

a. Graphic

b. Button

c. Movie clip

d. Motion tween

e. Shape tween

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat!

1.   Dengan menggunakan program Adobe Flash, jelaskan langkah-langkah membuat animasi berikut:

a. Menggerakkan kotak dari satu titik ke titik yang lain

b. Sebuah lingkaran yang berubah bentuk menjadi sebuah kotak

c. Seekor lalat yang terbang tidak beraturan

2.   Jelaskan secara singkat, langkah-langkah membuat movie clip orang berjalan!

3.   Dalam pembuatan animasi pendek, jelaskan teknik-teknik berikut:

a. Membuat object menjadi lebih dekat ke penonton

b. Membuat object seolah-olah terlihat berjalan

c. Mengganti adegan dengan setting yang berbeda

4.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan

a. Layer

b. Frame

c. Blank Keyframe

d. Keyframe

5.   Tuliskan sinopsis cerita dan moral/pesan positif yang terkandung dari project pembuatan film animasi pendek yang saat ini sedang Anda kerjakan dalam satu paragraf!