Surabaya – Serangan serangga Tomcat ternyata tidak hanya terjadi di kawasan elit Apartemen Eastcoast Laguna Indah, Pakuwon City. Tomcat diketahui juga menyerang kawasan sekolah di Kenjeran dan beberapa titik di Wonorejo Surabaya.

Laporan serangan Tomcat ini awalnya terjadi di Eastcoast lantai teratas apartemen 10 lantai ini diketahui. Dan ditinggali sekitar 50 hingga 100 populasi Tomcat.

“Paling banyak populasi Tomcat di roof atau atap yang lembab,” kata Pengamat Hama Penyakit Tumbuhan Dinas Pertanian Kota Surabaya, Radix Prima kepada detiksurabaya.com, Sabtu (17/3/2012).

Maka Radix melakukan penyemprotan pestisida nabati di beberapa rumah di kawasan Apartemen Eastcoast. Pestisida berbahan laos, daun mimba dan sereh ini bertujuan untuk mematikan Tomcat yang sudah meresahkan warga apartemen elit tersebut.

“Semalam kami sudah melakukan penyemprotan. Asal ada cahaya, Tomcat langsung muncul, lalu kami semprot,” terangnya.

Radix juga mendapat laporan, bahwa masyarakat yang tinggal di kawasan Wonorejo juga menjadi korban gigitan Tomcat. Penghuni mess Taxi Orens sejak awal pekan lalu juga mengalami gangguan dan keluhan yang sama dari serangga mirip semut bersayap ini.

Tak hanya itu, Radix juga menerima laporan bahwa sekitar 19-20 siswa
sekolah di Perguruan Al Muttaqien Jalan Memet Sastrawirya Kompleks Perumahan Dinas TNI AL Kenjeran menderita luka yang sama diderita warga Eastcoast. Namun, belasan siswa ini masih dalam pemeriksaan apakah luka tersebut diakibatkan gigitan Tomcat atau hanya karena bakteri lain.

“Nanti kami akan sidak ke mess Taxi Orens di Wonorejo. Kalau yang di Kenjeran, masih dalam pemeriksaan dokter,” terang Radix.

Diberitakan sebelumnya, beberapa warga yang tinggal di Apartemen Eastcoast diserbu serangga beracun. Sejak Selasa (13/3/2012) Ida Yanti (42) baby sitter yang tinggal di lantai 1 Eastcoast mengalami luka merah semacam luka bakar di bagian muka, tubuh dan lengan. Setelah diperiksa, luka gatal-gatal yang juga menimbulkan luka panas ini ditimbulkan oleh cairan beracun Serangga Tomcat.

Sumber: http://surabaya.detik.com/read/2012/03/17/091655/1869748/466/serangga-tomcat-juga-serang-kawasan-kenjeran-dan-wonorejo?y990101mainnews

2 Comments on Serangga Tomcat Juga Serang Kawasan Kenjeran dan Wonorejo

  1. sardineas says:

    Note: serangga tomcat itu nggak menggigit ataupun menyengat, tapi kalau kena sentuhan dengan benda-benda ataupun kulit, dia mengeluarkan sekresi berupa cairan yang beracun (12x lebih mematikan dari ular cobra)…

    maaf, hanya sekedar masukan info aja mengenai tomcat… semoga bermanfaat 😀