Surabaya – Entah dari mana datangnya, serangga Tomcat tiba-tiba menyerbu kawasan elit Apartemen Eascoast, Pakuwon City Laguna Indah. Serangga yang memiliki ukuran lebih besar dari nyamuk ini menggigit hingga menyebabkan luka merah dan bengkak di tubuh warga apartemen 10 lantai ini.

Jutaan serangga ini muncul pertama kali, Selasa (13/3/2012) pagi lalu. Ida Yanti, salah seorang baby sitter yang tinggal di lantai 1 menjadi salah satu korban. Perempuan 42 tahun ini mengalami luka merah, bengkak dan bentol kecil di bagian muka, badan samping, hingga atas perut. Bahkan, luka yang diderita Ida kini mulai membekas sampai meninggalkan noda hitam.

“Lukanya merah, seperti melepuh. Tanpa digaruk, luka ini mengeluarkan cairan seperti nanah namun bening,” kata Ida kepada detiksurabaya.com, Kamis (15/3/2012).

Saat terkena gigitan, lanjut dia, rasanya kulit panas seperti terbakar api. Namun, ia tak berani menggaruk dan menyentuh luka merah tersebut.

Menurut Ida, bentuk Serangga Tomcat ini memang mirip seperti nyamuk. Hanya saja bentuknya lebih besar dan mengeras. Apalagi, Tomcat memiliki bentuk badan yang melengkung dengan ekor yang tajam seperti tusuk gigi.

“Setelah itu saya diperiksakan ke dokter oleh majikan. Kata dokter, itu namanya Serangga Tomcat, cairannya mengandung racun,” terangnya.

Berbeda dengan Ida, salah seorang bocah lelaki berumur 2 tahun ini juga mengalami luka yang sama. Hanya saja, bocah yang tinggal di lantai 10 ini harus menderita luka memar dan merah sekujur tubuh akibat menggaruk dan memencet bentolan akibat gigitan Serangga Tomcat.

“Ternyata kata dokter memang tidak boleh digaruk atau bahkan dipencet,” cerita Ida.

Ida melanjutkan, jika luka yang memerah itu terpaksa digaruk atau dipencet, kulit menjadi semakin panas. Rasanya kulit seperti kering dan melepuh seperti terkena api.

“Biasanya luka gigitan serangga bisa sembuh dengan minyak tawon. Tapi luka ini tidak bisa sembuh,” tambahnya.

Setelah diperiksa dokter dan diberi antibiotik, obat kompres dan salep, luka yang diderita Ida sudah mulai membaik. Setidaknya luka merah yang kini masih memenuhi bagian wajah dekat hidung dan pipi Ida tidak menimbulkan rasa panas dan kering.

Sementara saat dikonfirmasi, pihak Eastcoast terkesan menutup-nutupi. Salah seorang satpam yang berjaga di depan gerbang apartemen bahkan mengaku telah melakukan pembasmian Serangga Tomcat.

“Serangganya sudah tidak ada, sudah disemprot cairan,” terang salah seorang satpam di lokasi.

Sumber: http://surabaya.detik.com/read/2012/03/15/191325/1868622/466/serangga-tomcat-serbu-penghuni-apartemen-elit-eastcoast