Membuat Game Sederhana: “Alien Attack!!!”

BY IN CH - Grade 10, Flash Comments Off on Membuat Game Sederhana: “Alien Attack!!!”

Untuk Praktikum pertama grade 10, kita akan mencoba untuk membuat game sederhana yang diberi judul Alien Attack!!! Sebenarnya interaksi user dengan game hanya dengan mengklik mouse secepat2nya untuk mencegah serangan alien terhadap bumi. Skenario ini dapat berbeda antara siswa yang satu dengan lainnya, tergantung kreatifitas individu. Yang perlu disiapkan pertama kali adalah Title Screen. Unsur ini memegang peranan yang sangat penting, karena inilah yang akan menarik user untuk mencoba memainkan game kita. Apabila pada judul gamenya sendiri sudah tidak menarik, maka orang akan enggan mencoba atau bermain dengan game kita. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari game itu sendiri. Latar belakang game dan bagaimana cara memainkan game tersebut. Jika unsur ini tidak ada, bisa jadi orang akan merasa kebingungan dalam mencoba game kita, dan apabila terjadi demikian, ada kemungkinan mereka tidak akan mencoba game kita lagi.
lalu unsur berikutnya, tentu saja adalah game itu sendiri. Desain dunia game yang menarik, akan memberikan nilai tambah bagi suksesnya game yang kita buat. Untuk Alien Attack, kita akan memberikan empat unsur penting dalam dunia game yaitu:
1. Background, berupa luar angkasa lengkap dengan gambar bumi
2. Object Alien yang mendekati bumi
3. Tombol sebagai interaksi user untuk menambah armor
4. Indikator Armor yang dalam contoh ini diletakkan di bagian atas
Kemudian, diciptakan dua buah kondisi, apabila armor yang diklik mencapai 100%, permainan berakhir dengan kemenangan user, sementara jika tidak sampai 100%, pemain dinyatakan kalah. Untuk lebih jelasnya, silakan mencoba permainan Alien Attack berikut ini:




Comments are closed.