Mac OS X, sebagai salah satu alternatif sistem operasi disamping Windows dan Linux, belakangan cukup populer terutama karena sampai saat ini, sistem operasi ini dikenal sebagai salah satu sistem yang imun terhadap virus. Karena file aplikasi yang berjalan di Mac berbeda dengan file executable yang biasanya dihinggapi virus di operasi Windows, maka praktis virus2 windows yang kebanyakan merugikan penggunanya itu tidak berjalan di Mac. File aplikasi yang ada di Mac berekstensi .app, sedangkan di windows filenya berekstensi .exe. Disamping itu, banyak pengguna komputer yang mulai suka menggunakan Mac karena kemudahannya dalam beberapa operasi seperti melakukan instalasi program, dimana pada Mac, user hanya mendrag file2nya ke dalam folder Application, sementara pada sistem operasi lain, masih harus melalui beberapa step yang bagi user kebanyakan masih membingungkan.

Disamping itu aplikasi2 yang built in pada operasi Mac sangat user friendly, didukung dengan grafis yang prima, sistem operasi ini menjanjikan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat kompilasi foto2, mengedit film, membuat halaman web pribadi sampai pada membuat komposisi musik sendiri. Dan semua program2 ini sudah disediakan free pada saat kita membeli komputer Mac.

Tentang sistem operasinya sendiri, semua setting berpusat pada System Preferences. Di dalam System Preferences ini, kita dapat membuat dan memanage user yang teregistrasi dalam Mac kita, mengubah tampilan wallpaper maupun mengubah screen saver yang biasa ada di dalam Mac.

Di dalam windows, kita mengenal explorer, sedangkan di Mac, ada yang dinamakan Finder. Finder fungsinya hampir sama dengan Explorer Windows, dimana kita bisa menavigasi isi dari hard disk kita termasuk membuat ataupun menghapus folder atau file yang ada di dalamnya. Sedangkan fungsi Search di Mac, diwakili dengan Spotlight dimana fungsinya terlihat lebih advanced jika dibandingkan dengan fungsi Search di Windows XP, dimana Spotlight dapat mencari semua yang ada di komputer Mac, termasuk aplikasi dan dictionary, dimana pada Windows XP, hanya bisa mencari file dokumen saja.

Tombol Control di Windows digantikan dengan tombol COMMAND yang ada di Mac. Untuk mengeluarkan task manager di Windows, kita biasa menggunakan tombol CTRL+ALT+DEL, sedangkan di Mac ada tombol COMMAND+ALT+ESC. Di Mac juga dikenal program chat yang sudah built in yang disebut program iChat. Program iChat ini selain dapat digunakan untuk program chat intranet, dapat pula digunakan untuk program chat dengan account email yang ada di internet.

Beberapa program populer yang berjalan di lingkungan Mac antara lain :

Comic Life
Program ini digunakan untuk menata gambar komik ke dalam layout yang sudah disediakan. Gambar2 komik kita dapat kita tambahkan balon2 dialog, maupun judul dan efek2 sederhana. Namun program ini tidak dapat digunakan untuk menggambar komik itu sendiri

Screen Flow
Program ini sangat bermanfaat untuk membuat presentasi secara dual view, dimana program ini akan merecord aktivitas di layar sekaligus dengan presenternya. Dilengkapi pula dengan fasilitas mengedit clip yang sudah jadi, sekalipun masih sangat terbatas fiturnya

SubEthaEdit
Kalau anda pernah menggunakan Google Docs, cara kerja program ini juga seperti itu. Jika Google Docs itu online, maka SubEthaEdit adalah program intranet untuk melakukan sharing catatan di dalam sebuah jaringan network. Satu terminal dapat berfungsi sebagai pusat yang akan memberikan akses bagi user2 lainnya agar bisa join membuat catatan bersama

PhotoBooth
Program yang sudah built in dalam Mac yang gunanya tentu saja untuk mengambil foto langsung melalui webcam. Dilengkapi dengan fitur efek foto membuat foto yang kita capture menjadi lebih unik dan menarik. Dilengkapi juga dengan membuat clip pendek langsung dari webcam yang bisa digabung dengan clip yang sudah ada

iPhoto
Program ini dapat dimanfaatkan untuk membuat album foto sendiri, termasuk memberikan teks dan komentar pada masing2 foto. Dan dilengkapi juga dengan membuat kalender tahunan dengan foto2 yang bisa diisi sendiri. Namun program ini tidak dapat digunakan untuk mengedit foto.

iWeb
Sesuai dengan namanya, program ini berguna untuk membuat personal website. Membuat website sekarang tidak membutuhkan pengetahuan kode-kode HTML, walaupun demikian iWeb menyediakan juga untuk menambahkan snippet code apabila memang dibutuhkan.

iMovie
Program ini dapat dimanfaatkan untuk mengedit movie yang sudah ada. Dengan theme2 yang menarik dan efek yang lumayan lengkap, kita dapat mengedit film kita menjadi lebih profesional. Ekstensi file yang dapat kita hasilkan dari iMovie umumnya adalah MOV

GarageBand
Jika kita mempunyai bakat musik, kita bahkan bisa membuat komposisi musik sendiri dengan menggunakan program ini. Hasil akhirnya dapat kita ekspor ke dalam bentuk MP3 sehingga bisa kita dengarkan secara terpisah.