Dari dulu topik tentang melintasi perjalanan waktu selalu menarik minat saya. Beberapa ilmuwan menganggap perjalanan waktu tidak mungkin bisa dilakukan karena hal itu akan memicu kekacauan yang terjadi di alam semesta. Tidak seorangpun yang diperbolehkan untuk mengetahui masa depannya ataupun mengubah masa lalunya sendiri. Namun jika kita berpikir, segala hal yang diyakini mustahil pada jaman dulu, nyatanya mampu diwujudkan pada masa sekarang. Kemajuan tekhnologi membuat manusia yang awalnya dulu hanya mampu berjalan kaki untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya, sekarang sudah diciptakan bermacam-macam alat transportasi yang memungkinkan manusia berpindah dalam waktu yang cepat. Anggapan bahwa manusia tidak mungkin bisa terbang di angkasa, ternyata dipatahkan dengan ditemukannya pesawat terbang yang bahkan mampu membawa bobot yeng bahkan lebih berat untuk berpindah ke tempat yang berbeda.

Di dunia perfilman, beberapa film mengangkat topik perjalanan waktu. Salah satunya adalah film Back to the Future, yang diperankan oleh aktor Michael J Fox. Saat percobaan perjalanan waktu yang pertama, Doc mengirim anjingnya yang bernama Einstein  beberapa menit ke depan. Dan Marty yang dikejar2 oleh teroris secara tidak sengaja melakukan perjalanan waktu ke 30 tahun sebelumnya dan bertemu dengan Doc yang masih muda. Pertanyaannya adalah, mengapa Doc tidak pernah ingat bahwa dia pernah berjumpa dengan Marty sebelumnya. Dan saat Marty bertemu dengan kedua orang tuanya, mengapa kedua orang tuanya tidak pernah ingat kalau pernah berjumpa dengan Marty? Dan di dalam cerita digambarkan bagaimanya ibunya jatuh cinta pada Marty sendiri, gara2 dia menyelamatkan ayahnya yang seharusnya ditabrak oleh mobil kakeknya. Seandainya saja mereka jadi menikah, tentu saja Marty tidak akan pernah lahir di dunia ini dan bahkan apa yang kemudian terjadi, tidak dapat dilukiskan karena Marty dewasa berada pada waktu yang salah.

Ketika Marty akan kembali ke masa depan, dia meninggalkan catatan untuk Doc berupa peringatan akan kejadian yang akan menimpanya 30 tahun kemudian., dimana dia akan ditembak oleh teroris. Perjalanan dia kembali ke masa depan seolah2 terjadi dengan sangat kebetulan, yaitu dengan adanya sambaran kilat di puncak gedung tertinggi. Apa yang terjadi seandainya kilat tidak menyambar? Apa yang terjadi seandainya Marty terlambat mengendarai mesin waktunya pada tempat yang tepat? Apa yang terjadi seandainya Marty terpaksa harus hidup di tahun 1955? Apa efek yang ditimbulkan di masa depan?

Dan pada bagian kedua, saat Marty harus melihat masa depannya sendiri menurut saya adalah satu kesalahan yang dilakukan Doc. Bukankah kita tidak seharusnya melihat masa depan kita sendiri, karena masa depan selalu berubah, tergantung dari kita sendiri. Saat itu digambarkan tahun 2015 yang sangat futuristik dimana mobil bukan hanya bisa berjalan di darat, tapi sudah merupakan lalu lintas angkasa, yang ternyata saat tulisan ini ditulis tahun 2011, belum ada mobil yang bisa terbang seperti itu. Dan mengapa Marty di tahun 1985 harus repot2 pergi ke masa depan untuk menyelamatkan keluarganya? Bukankah waktu akan berjalan dengan sendirinya hingga sampai pada saatnya dia harus melakukan sesuatu bagi keluargnya.

Dan kita sampai pada hal yang teraneh pada cerita ini. Biff Tannen pada masa depan berhasil mencuri DeLorean untuk kembali ke tahun 1955 untuk memberikan almanac kepada Biff muda. Nah, seandainya sejarah memang berubah karena setelah menerima almanac tersebut Biff menjadi orang terkaya sepanjang sejarah, tentunya saat kembali ke masa depan, Biff akan menemukan masa depan yang berbeda dari masa yang dialaminya sebelumnya dimana dia menjadi pesuruh George McFly. Mengapa hanya pada saat Marty dan Doc pulang kembali ke tahun 1985, perubahan itu baru terjadi? Mengapa perubahan tidak terjadi di tahun 2015? Seandainya apa yang dilakukan Biff dengan memberikan almanac kepada Biff muda memberikan efek langsung di masa depan, maka Biff yang pulang kembali ke masa depan dengan DeLorean tidak akan menjumpai Marty dan Doc yang berasal dari tahun 1985. Dan apa yang terjadi dengan Marty dan Doc versi 1985 yang saat itu ada di tahun 2015? Mereka tidak akan bisa kembali ke tahun 1985.

Kita lanjutkan. Setelah pulang kembali ke tahun 1985, Marty dan Doc mendapati situasi yang berbeda dengan yang seharusnya. Dan telah terjadi pembelokan waktu menurut Doc akibat pemberian almanac yang dilakukan Biff tahun 2015 kepada Biff muda di tahun 1985. Untungnya Marty dan Doc yang masih mempunyai mesin waktu, dan mereka harus kembali ke tahun 1955 untuk mencegah Biff tua memberikan almanac kepada Biff muda.  Dan kalau kita mau cermat, pada saat itu tentu saja akan ada DUA DeLorean alias dua mesin waktu. Mesin Waktu yang pada bagian pertama sangat sulit dihidupkan karena membutuhkan energi zigawatt, ternyata oleh Biff dengan mudah digunakannya untuk kembali ke tahun 2015. Aneh sekali ya?

Apa yang terjadi seandainya waktu itu Marty dan Doc mencegah pertemuan Biff tua dan Biff muda, serta langsung merampas almanac dari tangan Biff tua? Mereka akan punya dua DeLorean, DeLorean yang satu lagi harusnya punya Marty dan Doc yang saat itu ada di tahun 2015. Oleh karena itu, Marty dan Doc harus menunggu Biff tua menyelesaikan misinya dan kembali ke tahun 2015 untuk menjamin bahwa mereka yang ada di tahun 2015 bisa pulang ke tahun 1985 terlebih dahulu. Sebab jika mereka langsung mengkonfrontasi Biff tua, perjalanan mereka ke tahun 1955 TIDAK AKAN PERNAH TERJADI karena mereka masih stuck di tahun 2015, karena tidak ada mesin waktu yang bisa mengangkut mereka pulang ke tahun 1985.

Kita lanjutkan. Sungguh kebetulan mereka sampai pada waktu yang sama dengan perjalanan pertama Marty sehingga Marty dapat melihat dirinya sendiri. Dan apa yang terjadi apabila Marty yang pertama MELIHAT dirinya sendiri? Tentunya dia akan merasa aneh dan oleh karena itu Doc mengatakan bahwa Marty tidak boleh terlihat oleh dirinya sendiri. Dan hal ini membuat film cukup tegang, dimana Marty yang datang kedua kali, selain harus menjaga dirinya sendiri, dia juga harus menjaga agar tidak terlihat oleh Marty yang datang terlebih dahulu. Ketika pada akhirnya mereka berhasil mengambil dan membakar almanac, Doc yang tersambar petir bersama DeLorean harus terlempar jauh ke masa lalu.

Marty sekali lagi harus menjumpai Doc yang ada di tahun 1955 untuk sekali lagi minta bantuannya agar bisa kembali ke masanya. Namun ini agak aneh. Mengapa bisa ada Doc tahun 1955, sementara Doc yang ada di tahun 1985, terlempar jauh ke masa lalu? Seharusnya sejarah juga berubah dimana Doc di tahun 1955 tidak pernah ada, karena sebenarnya Doc hidup sebagai pandai besi di tahun 1855. Bagaimana mungkin Marty masih bisa menemukan Doc di tahun 1955. Aneh sekali. Lalu surat yang diantarkan untuk Marty memberi petunjuk dimana DeLorean dikubur. Bagaimana mungkin DeLorean yang dikatakan tidak bisa dihidupkan pada bagian pertama, yang bahkan harus menggunakan energi petir berziga-ziga watt menjadi bisa digunakan pada bagian ketiga?

Dan ketika Marty sekali lagi berhasil melintasi perjalanan waktu kembali ke tahun 1855 untuk menjumpai Doc, yang diramalkan tewas tertembak, suatu kebetulan yang aneh lagi bahwa DeLorean harus sekali lagi rusak. Dan jika Doc memang tewas tertembak di tahun 1855, mengapa Doc di tahun 1955 masih baik2 saja? Ketika akhirnya dengan perjuangan yang cukup berat Marty berhasil kembali ke tahun 1985, DeLorean hancur tertabrak kereta api, sehingga seharusnya serentetan perjalanan waktu itu tidak pernah terjadi. Di ending cerita, digambarkan Doc kembali ke tahun 1985 dengan mesin waktu barunya berbentuk kereta dan bahkan dia diceritakan menikah dan mempunyai anak. Ini lebih aneh lagi. Kalau Doc memang hidup di tahun 1855, apa yang terjadi dengan Doc di tahun 1955 dan Doc yang ada di tahun 1985 TIDAK AKAN pernah menciptakan mesin waktu.

Ini bahkan hanya sebuah film fiksi, paling tidak untuk saat ini. Jadi barangkali ini sebabnya mengapa perjalanan waktu itu tampak mustahil untuk dilakukan, karena dampak yang dihasilkan dari sebuah perjalanan waktu itu sangat besar dan bisa menyebabkan terjadinya kekacauan yang besar di alam semesta. Tapi bagi sebagian orang berpendapat, seandainya memang perjalanan waktu bisa dilakukan, mestinya bisa kita lakukan dengan bijaksana, yaitu tidak melakukan kontak dengan orang-orang ataupun object apapun di masa lalu. Dengan demikian pada saat kita kembali, tidak ada sesuatu pun yang berubah.