Semakin banyaknya situs blog yang ada di Internet, di satu sisi menandakan semakin banyaknya jumlah pengguna internet dan semakin banyak pula orang yang mempunyai hobby menulis. Salah seorang dari teman saya, yang sama2 orang IT, mengaku untuk mempersiapkan sebuah blog, bukan hal yang sulit bagi dia, mengingat dia juga orang IT. Namun apa yang sulit bagi dia adalah menuliskan sesuatu ke blog tersebut. Tidak heran, walaupun jumlah blog di internet semakin banyak, namun tidak sedikit pula yang abandoned, atau tidak diurusi oleh pemiliknya. Blogger dan WordPress sebagai penyedia blog yang gratis semakin berusaha mengupdate fitur2nya untuk membuat si pemilik blog semakin rajin mengisi blognya.

Mengapa orang2 suka ngeblog? Yang pertama, tentu saja sebagai sarana curhat. Cukup banyak blog yang ada di internet, yang ternyata isinya adalah curhat dari pemiliknya. Nah, terkadang pemilik blog seolah tidak sadar apabila dia sudah mulai menulis hal2 yang bersifat pribadi dan bahkan mungkin mendiskreditkan pihak2 tertentu. Apa yang dialaminya hari itu, langsung direcord dengan rapi dalam bentuk tulisan di internet, tanpa menyadari bahwa blognya dapat diakses oleh siapa saja. Bahkan, apabila kita mengatur settingan private pun, tidak menjamin seseorang dapat membaca blog kita. Semakin maraknya tutorial hacking yang kini dapat dibaca bebas di internet memberikan peluang yang cukup besar bagi seseorang untuk bisa masuk ke dalam blog pribadi kita.

Survei yang ada di internet mengatakan bahwa 3 dri 10 pekerja sebuah perusahaan biasanya menuliskan apa yang dialaminya dalam sehari2annya di perusahaan ke dalam blog mereka. Hal ini tentu saja akan dapat menimbulkan kesan negatif terhadap perusahaan yang bersangkutan. Dan buat pekerja yang bersangkutan, ketika pihak perusahaan mengetahui hal ini, mereka juga harus siap menanggung segala konsekuensinya, walaupun mestinya mereka tidak sengaja dalam menulis blognya.

Bertolak dari hal ini, kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa blog ternyata bukan hanya sekedar alat untuk curhat. Kita dapat memanfaatkan blog untuk saling berbagi pengetahuan dan kalaupun kita mau curhat di blog kita, hendaklah kita tetap ingat bahwa blog kita dapat dibaca oleh semua orang, sehingga pemilihan kata2nya harus yang bijaksana.

2 Comments on Blogging – Amankah?

  1. ita says:

    amaaaaaan yoooooo… wong aku sik kait mbok racuni nggawe ngunuuu lhoooo hik hik