Untuk para teman 225 yg merasa mampu bermain hero secara individual dan mampu menguasai skill beberapa hero dengan baik, kini saatnya menaikan level kita, yaitu bermain secara kolektif (team), nah ini dia beberapa tips untuk bermain DOTA dalam sebuah team:

DOTA adalah permainan tim, bukan permainan individu. Jadi menghargai cara bermain timmu adalah sesuatu yang sangat penting. Berlatihlah untuk menjadi pemain tim yang brilian, bukan untuk menjadi pemain solo yang brilian. Dengan begitu kamu akan diterima bermain di tim mana pun. Saya memperhatikan banyak sekali pemain yang berusaha menjadi pemain solo yang hebat. Meskipun ini meningkatkan percaya dirimu dan membuatmu menjadi terkenal, tapi sepertinya tidak akan berfungsi baik di dalam tim. Dalam permainan ini setiap hero bisa dilawan dengan suatu hero. Tidak ada hero yang terlalu superior. Jadi semuanya tergantung dari caramu bermain dan permainanmu dalam tim untuk menentukan kemenangan.

Ini adalah beberapa contoh skenario yang terjadi dalam permainan tim:

1. Membantu temanmu melarikan diri

Jika kamu berpasangan dengan orang lain di suatu tempat. Ingatlah untuk selalu saling menjaga. Jika hero musuh meng-stun temanmu dan siap untuk memakannya, segera stun musuhmu juga. Jika kamu tidak memiliki skill stun, keluarkan skill apa saja yang kamu miliki. Bahkan pukulan biasa saja mungkin akan membuat hero musuh berubah pikiran dan ragu-ragu untuk menyerang temanmu. Ingat ini. Saya sering sekali melihat seseorang melarikan diri saat temannya sedang diserang meskipun hp-nya masih penuh. Bahkan terkadang samai menghalangi saat temannya mau melarikan diri. Hal ini akan berakibat buruk bagi reputasimu di DOTA. Bahkan tidak jarang pemain lain yang akan mulai mencacimu. Tentu saja saya tidak menyuruhmu untuk masuk ke dalam situasi dan mengorbankan dirimu. Lakukan apa saja yang bisa membantu tanpa ada korban dari pihak timmu. Bahkan jika kamu seorang pemula, usaha seperti itu akan sangat dihargai oleh teman satu timmu.

2. Membantu teman timmu untuk membunuh hero lain

Jika kamu memiliki skill stun atau slow, hal ini akan sangat berguna. Banyak permainan DOTA dilakukan dalam game online, di mana kamu hanya bisa berkomunikasi dengan menulis tidak berteriak seperti saat kamu bermain LAN. Jadi kamu harus bisa sedikit mengembangkan telepati dengan teman satu timmu dengan cara membiasakan melihat gerak-gerik temanmu. Jika kamu melihat temanmu mengeluarkan skill stun-nya ke hero musuh dan kira-kira ia tidak bisa membunuhnya sendiri, maju dan keluarkan skill stun-mu saat stun temanmu sudah habis. Ini disebut kerjasama yang baik. Jika kamu bisa melakukan ini, usahamu akan dilihat dan sangat dihargai oleh yang lainnya.

3. Bertahan lebih utama daripada membunuh

Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang lain adalah mengejar hero musuh yang sudah sekarat sendirian. Kecuali kamu bermain 1 VS 1, jangan lakukan ini. Karena hero musuhmu yang lainnya akan segera muncul dan langsung mengeluarkan skill2-nya ke kamu.

Juga jangan pernah meninggalkan markas yang sedang butuh bantuan untuk mengejar satu hero yang sedang sekarat. Mungkin jika membunuh hero kamu akan mendapatkan uang dan experience point, tapi tower tak ternilai harganya. Jadi dalam kasus ini bertahan dulu untuk nantinya menyerang balik adalah suatu hal yang lebih baik daripada mengejar hero sekarat sendirian. Bahkan lebih bodoh lagi jika kamu mengejar sekelompok hero yang sekarat sendirian. Ingat, heromu bukan superman.

4. Pertahanan tim

Pada akhir-akhir permainan, biasanya satu tim bersama-sama mendorong satu arah pertahanan musuhnya. Jika kamu yang sedang diserang, pastikan kamu ada di sana untuk membantu. Jika kamu sedang asik berburu di sisi lainnya, timmu bisa dipastikan akan membunuhmu. Selalu bertahan sebagai tim saat sedang diserang. Cari titik yang baik untuk bertahan. Tempat bertahan paling baik adalah di depan tower. Jika salah satu temanmu sedang dipojokkan. Segera stun musuh yang paling berbahaya. Jika tidak memiliki skill stun, lakukan apa saja untuk bertahan.

Selamat bermain dalam TEAM

from: http://dotatrustedmap.blogspot.com

http://dotatrustedmap.blogspot.com/2008/04/dota-allstar-strategi-part-2.html