Animasi Teks Menyebar


Berikut ini adalah contoh membuat animasi teks yang menyebar. Pilihan Distribute to Layers digunakan untuk membagi tiap huruf ke dalam layer-layer yang berbeda. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatannya :
Ketiklah sembarang kata pada layer 1.
Aktifkan teks, pilih menu Modify – Break Apart atau Ctrl+B untuk memisahkan teks menjadi beberapa bagian huruf.
Pilih menu Modify – Timeline – Distribute to Layers atau Ctrl+Shift+D untuk membagi tiap huruf ke layer-layer yang berbeda sehingga Layer 1 menjadi kosong.
Pilih frame 30 untuk semua layer. Caranya pilih frame 30 untuk layer huruf 1 lalu tekan dan tahan tombol Shift kemudian pilih frame 30 untuk layer huruf yang terakhir. Kemudian masukkan keyframe pada frame 30 untuk semua layer huruf yang ada !
Tetap di frame 30 untuk semua layer, kemudian pindahkan setiap huruf yang ada ke posisi yang berbeda-beda agar huruf-huruf tersebut menjadi tersebar. Lihat pada gambar berikut ini :
Pilih frame 1 untuk semua layer huruf yang ada, kemudian berikan Motion Tween
Jalankan animasi teks menyebar !
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memodifikasi animasi teks menyebar diatas, agar teks yang menyebar tersebut menjadi satu teks yang bersatu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Pilih atau blok semua layer dari frame 1 sampai frame 30, klik kanan pada frame yang diblok kemudian pilih copy frames.
Karena frame yang di-copy berada pada banyak layer, maka harus disediakan tempat terlebih dahulu sebelum frame-frame tersebut dipindahkan. Caranya, blok untuk semua layer dari frame 31 sampai 60 kemudian klik kanan pada frame yang diblok pilih paste frames.
Biarkan frame 31 sampai frame 60 tetap dalam keadaan ter-blok, klik kanan pada frame yang diblok kemudian pilih Reverse Frames untuk membalik jalannya animasi teks agar teks dapat kembali menyatu.
Jalankan Animasi (CTRL+ENTER)