Animasi Teks Blur


Berikut ini adalah contoh membuat animasi teks yang memudar (blur) dengan memanfaatkan alpha yang terdapat dalam property color. Untuk macam-macam property yang terdapat dalam color dapat dilihat pada contoh Animasi Warna. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Animasi Teks Blur :
Ketik sembarang teks kemudian ubah menjadi symbol graphic (F8).
Pada frame 30, klik menu Insert – Timeline – Frame (F5) untuk menahan object tulisan agar tetap terlihat sampai frame 30.
Kembali ke frame 1 (karena layernya cuma ada 1, saya harapkan tidak ada yang bingung mengenai layer yang mana yang dipilih !!!), pilih tulisan lalu pilih menu Edit – Copy.
Buat lagi layer baru (Layer 2), lalu pilih menu Edit – Paste In Place atau Ctrl + Shift + V pada layer baru (Layer 2) ini.
Buat lagi layer baru (Layer 3), pada Layer 3 frame 1 pilih menu Edit – Paste In Place atau Ctrl + Shift + V. Dengan demikian object tulisan akan terdapat di Layer 1, Layer 2 dan Layer 3 pada posisi yang sama. Dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Masukkan keyframe pada frame 30 di Layer 2 dan Layer 3.
Kunci / lock semua layer kecuali Layer 3.
Pada Layer 3 klik frame 30, lalu dengan menggunakan Free Transform Tool perbesar object secara vertikal seperti yang terdapat dalam gambar berikut :
Blok object (yang terdapat di Layer 3 frame 30 tsb) dengan menggunakan Selection Tool kemudian di bagian Properties isikan pada bagian Color : Alpha dengan nilai 0%.
Selanjutnya karena kita akan mengedit object yang terdapat di Layer 2, maka kunci semua layer yang ada kecuali Layer 2.
Pada Layer 2 klik frame 30, lalu dengan menggunakan Free Transform Tool perbesar object secara horizontal seperti yang terdapat dalam gambar berikut :
Blok object (yang terdapat di Layer 2 frame 30 tsb) dengan menggunakan Selection Tool kemudian di bagian Properties isikan pada bagian Color : Alpha dengan nilai 0%.
Unlock semua layer, kemudian berikan motion tween pada Layer 2 dan Layer 3 di frame 1.
Jalankan animasi (Ctrl + Enter) !!!