Animasi Teks Blur

BY IN CH - Grade 10 Comments Off on Animasi Teks Blur

Animasi Teks Blur


Berikut ini adalah contoh membuat animasi teks yang memudar (blur) dengan memanfaatkan alpha yang terdapat dalam property color. Untuk macam-macam property yang terdapat dalam color dapat dilihat pada contoh Animasi Warna. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Animasi Teks Blur :
Ketik sembarang teks kemudian ubah menjadi symbol graphic (F8).
Pada frame 30, klik menu Insert – Timeline – Frame (F5) untuk menahan object tulisan agar tetap terlihat sampai frame 30.
Kembali ke frame 1 (karena layernya cuma ada 1, saya harapkan tidak ada yang bingung mengenai layer yang mana yang dipilih !!!), pilih tulisan lalu pilih menu Edit – Copy.
Buat lagi layer baru (Layer 2), lalu pilih menu Edit – Paste In Place atau Ctrl + Shift + V pada layer baru (Layer 2) ini.
Buat lagi layer baru (Layer 3), pada Layer 3 frame 1 pilih menu Edit – Paste In Place atau Ctrl + Shift + V. Dengan demikian object tulisan akan terdapat di Layer 1, Layer 2 dan Layer 3 pada posisi yang sama. Dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Masukkan keyframe pada frame 30 di Layer 2 dan Layer 3.
Kunci / lock semua layer kecuali Layer 3.
Pada Layer 3 klik frame 30, lalu dengan menggunakan Free Transform Tool perbesar object secara vertikal seperti yang terdapat dalam gambar berikut :
Blok object (yang terdapat di Layer 3 frame 30 tsb) dengan menggunakan Selection Tool kemudian di bagian Properties isikan pada bagian Color : Alpha dengan nilai 0%.
Selanjutnya karena kita akan mengedit object yang terdapat di Layer 2, maka kunci semua layer yang ada kecuali Layer 2.
Pada Layer 2 klik frame 30, lalu dengan menggunakan Free Transform Tool perbesar object secara horizontal seperti yang terdapat dalam gambar berikut :
Blok object (yang terdapat di Layer 2 frame 30 tsb) dengan menggunakan Selection Tool kemudian di bagian Properties isikan pada bagian Color : Alpha dengan nilai 0%.
Unlock semua layer, kemudian berikan motion tween pada Layer 2 dan Layer 3 di frame 1.
Jalankan animasi (Ctrl + Enter) !!!




Comments are closed.