Animasi Jalur


Berikut ini adalah contoh membuat animasi object yang bergerak mengikuti suatu alur/jalur. Caranya adalah dengan menggunakan Guide Layer / Motion Guide sebagai tempat mengambar jalurnya. Ditunjukkan juga kegunaan dari Orient to Path agar orientasi object mengikuti jalur yang disediakan. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
Misalkan kita mempunyai object seperti gambar berikut ini :
Ubah / konversikan object menjadi symbol graphic,
Pilih menu Insert – Timeline – Motion Guide atau klik kanan pada layer 1 kemudian pilih Add Motion Guide. Maka diatas layer 1 akan terdapat Guide : Layer 1 seperti pada gambar berikut :
Pada Guide : layer 1 silakan membuat jalur / alur yang dibutuhkan untuk pergerakan object. Misalnya seperti gambar berikut ini :
Klik frame 30 pada Guide : Layer 1 kemudian pilih menu Insert – Timeline – Frame untuk menahan alur agar tetap terlihat sampai frame 30.
PERHATIAN : Untuk alur JANGAN diubah menjadi symbol graphic, alur HARUS tetap bertipe shape.
Pindahlah ke Layer 1 frame 1, lalu pindahkan object ke awal alur. Registrasi atau titik tengah object harus persis terletak di awal alur seperti nampak pada gambar berikut ini :
Pada Layer 1 frame 30 masukkan keyframe. Kemudian pada Layer 1 frame 30, pindahkan object pada bagian akhir alur. Registrasi atau titik tengah object harus persis terletak di akhir alur seperti nampak pada gambar berikut ini :
Berikan Tween Motion, kemudian jalankan animasi !
Agar orientasi object sesuai dengan jalurnya, maka aktifkan pilihan Orient to Path yang terdapat pada panel Properties
Jalankan animasi (Ctrl+Enter) !!!