Animasi Dengan Movie Clip


Berikut ini adalah contoh membuat animasi menggunakan symbol movie clip. Movie clip merupakan salah satu jenis simbol yang dapat membuat rangkaian animasi di dalamnya, jadi kita bisa membuat animasi yang berdiri sendiri dalam Movie Clip. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Tahap 1: Membuat Movie Clip


Untuk membuat movie clip baru, pilih menu Insert – New Symbol sehingga muncul kotak dialog Create New Symbol. Pada kotak dialog tersebut, isi pada bagian Name dengan nama Bola dan pilihlah Type Movie Clip.
Klik OK, maka akan ditampilkan jendela pengeditan symbol seperti yang nampak pada gambar di bawah ini. Pada bagian yang ditunjukkan oleh tanda panah, adalah nama movie clip yang sedang kita buat (dimana saat ini kita sedang berada di dalam object movie clip bola !!!) Pada tampilan pengeditan simbol ini kita dapat membuat segala animasi yang diperlukan untuk movie clip kita. Tanda + di dalam stage menunjukkan titik tengah (titik berat/pusat symbol) dari object movie clip yang sedang kita edit dan sebaiknya digunakan sebagai titik pusat gambar.
Masih di dalam object movie clip bola, kita akan membuat sebuah animasi sederhana yaitu sebuah bola yang beranimasi berjalan dari kanan ke kiri. Pada Layer 1, buatlah sebuah object bola (menggunakan Oval Tool) dengan warna gradasi.
Klik kanan pada Layer 1 frame 10, pilih Insert Keyframe. Pada Layer 1 frame 10 ini, pindahkan object ke kiri (secara horizontal).
Klik Layer 1 frame 1, berikan tween : Shape.
Object bola telah dapat beranimasi secara sederhana berjalan dari kanan ke kiri dengan menggunakan tween shape. Langkah selanjutnya adalah kita harus kembali ke movie utama, caranya adalah klik tulisan Scene 1 yang terdapat di bagian kiri atas jendela pengeditan simbol Bola.
PERHATIAN : Untuk animasi tween shape, object harus bertipe shape sehingga tidak perlu diubah ke symbol (convert to symbol). Untuk mengubah object ke tipe shape caranya adalah blok object dengan menggunakan selection tool kemudian tekan Ctrl+B.

Tahap 2 : Menyisipkan Movie Clip ke dalam Stage


Tampilkan panel library (Window – Library atau dengan menekan Ctrl+L). Tariklah (drag) symbol Bola yang ada di dalam library ke dalam lembar kerja (Stage).
Tampilkan panel info (Window – Info atau dengan menekan Ctrl+I). Isikan X = 250 dan Y = 175.

Tahap 3 : Menggandakan dan Merotasi Instance Movie Clip


Berikutnya kita akan menggandakan dan merotasi instance dari movie clip bola yang lainnya. Tambahkan layer baru (Layer 2).
Drag kembali symbol Bola yang terdapat di dalam library ke dalam stage, dengan menggunakan panel Info atur posisinya sama dengan movie clip bola yang terdapat dalam Layer 1 yaitu X = 250; Y = 175.
Tetap pada Layer 2 frame 1, tampilkan panel Transform (Window – Transform atau dengan menekan Ctrl+T), isikan nilai 90 pada bagian Rotate. Object bola yang terdapat di Layer 2 Frame 1 akan diputar 90 derajat sehingga object bola yang semula berjalan dari kanan ke kiri setelah diputar sebesar 90 derajat akan beranimasi berjalan dari bawah ke atas.
Gandakan object Bola pada Layer 2 dengan memilih menu Edit – Copy.
Tambahkan layer baru (Layer 3). Pilih menu Edit – Paste in Place (Ctrl+Shift+V) untuk meletakkan salinan symbol Bola pada posisi yang sama dengan symbol Bola yang terdapat di Layer 2. Kemudian pada panel Transform isikan pada Rotate = 180 untuk merotasi symbol Bola yang terdapat pada Layer 3 ini sebesar 180 derajat.
Tambahkan kembali layer baru (Layer 4). Pilih menu Edit – Paste in Place (Ctrl+Shift+V) untuk meletakkan salinan symbol Bola pada posisi yang sama dengan symbol Bola yang terdapat di Layer 2. Kemudian pada panel Transform isikan pada Rotate = 270 untuk merotasi symbol Bola yang terdapat pada Layer 4 ini sebesar 270 derajat.
Jalankan animasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter (Test Movie)