Dasar-Dasar Animasi


Flash memiliki dua teknik dasar untuk membuat animasi, yaitu teknik frame by frame animation dan tweened animation. Animasi yang dimaksud adalah membuat object atau gambar bergeser/bergerak melintasi stage, ukuran object diskala (diperbesar atau diperkecil), dirotasi atau divariasi. Misalnya, object bergeser dan diskala secara bersamaan.

Teknik Tweened Animation


Dengan teknik ini animasi pada sebuah object cukup menggunakan frame awal dan frame akhir saja. Secara otomatis flash akan membuat frame-frame diantaranya.
Flash menyediakan dua tipe untuk teknik ini, yaitu motion tweening dan shape tweening. Dengan motion tweening, object animasi dapat ditentukan propertinya, seperti posisinya, ukuran dan rotasinya. Tipe animasi ini hanya dapat diterapkan pada teks, group, instance dan path.
Group : beberapa object yang diaktifkan menjadi satu.
Instance : symbol yang diambil dari library ke stage.
Path : garis atau jalur yang digunakan untuk pergerakan object animasi.
Library : tempat penyimpanan object yang sudah dikonversi ke dalam bentuk symbol.
Untuk mengubah object menjadi symbol, caranya adalah dengan memilih menu Modify – Convert to Symbol (F8). Dengan mengubah object menjadi symbol maka ukuran filenya menjadi lebih kecil.
Sebelum membuat animasi, ada baiknya dimengerti dahulu hal-hal berikut ini :
Jika pada stage belum ada object yang dibuat, maka pada timeline akan menunjuk tanda Blank Keyframe (bulatan kosong warna putih). Jika sudah ada object yang dibuat, maka pada timeline akan menunjuk tanda Keyframe (bulatan hitam) seperti nampak pada gambar berikut ini :
Istilah Keterangan

Animasi Sebuah gerakan object maupun teks yang diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik.
Actions Script Suatu perintah (program) yang diletakkan pada frame atau object sehingga frame atau object menjadi interaktif atau animasi.
Movie Clip Suatu animasi mandiri yang bisa digabungkan dengan animasi atau object lain. Sehingga dimumgkinkan untuk membuat rangkaian animasi dalam satu layer.
Graphic Object yang dapat dianimasikan dalam suatu layer
Button Object yang biasanya digunakan untuk tombol penghubung.
Masking Suatu perintah yang digunakan untuk menghilangkan sebuah isi dari suatu layer dalam bentuk movie.