Keunikan dari Persekutuan Doa Karismatik Katolik adalah:

A. FOKUS KEPADA YESUS KRISTUS

Didalam Persekutuan Doa Karismatik Katolik, umat memfokuskan pikiran dan hatinya hanya kepada Yesus Kristus dan merasakan kasihNya yang tak terbatas.

Dengan kuasa Roh Kudus, maka hubungan yang pribadi dengan Yesus bisa dibentuk, sehingga kehidupan umat dapat sepenuhnya mengikuti rencana Allah – dan bukan lagi menuruti rencana dirinya sendiri.

B. BENTUK PUJIAN DAN PENYEMBAHAN

Pujian dan penyembahan dilakukan bukan sebagai kelompok seperti di Gereja Katolik tradisional, tetapi lebih pribadi sifatnya. Bukan lagi nyanyian dilakukan “tentang” Yesus Kristus, tetapi “kepada” Yesus Kristus.

Lagu-lagu yang dinyanyikan biasanya berkaitan dengan ayat-ayat yang terdapat didalam Alkitab.

Dalam menyanyikan lagu-lagu pujian dan penyembahan, umat seringkali mengangkat tangannya. Akan tetapi hal ini tidak diharuskan. Semangat dalam pujian dan penyembahan ditujukan sepenuhnya kepada hubungan pribadi yang terjadi dengan Tuhan.

C. PENDALAMAN ALKITAB

Gerakan Pembaruan Katolik Karismatik lebih banyak menekankan kepada pentingnya umat untuk membaca, mendalami dan melakukan Firman Tuhan.

Sejak awal terjadinya gerakan ini, kelompok Karismatik Katolik selalu membawa Alkitab untuk dibaca, dipelajari dan diimani.

Pentingnya akan penguasaan dan mendalaman Firman Tuhan ini agak membedakan Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik dibandingkan Gereja Katolik tradisional.

D. KARUNIA ROH KUDUS

Ketika mengikuti Persekutuan Doa Karismatik Katolik, umat biasanya berbahasa Roh. Banyak umat Katolik yang merasa tidak nyaman berada di dalam Persekutuan Doa ini karena mereka belum menerima berbagai karunia-karunia Roh Kudus.

Karunia Roh Kudus tidak membuat seseorang lebih kudus atau lebih suci dari yang lain. Karunia tersebut diberikan secara gratis oleh Roh Kudus, dan bukan untuk disombongkan kepada orang lain.

Yang lebih diutamakan adalah hubungan dan komunikasi secara pribadi dengan Yesus Kristus saat mengikuti Persekutuan Doa tersebut. Roh Kudus bekerja dengan caraNya sendiri didalam diri setiap orang – dan setiap orang sangat berharga dihadapan Allah.

E. MANIFESTASI

Saat berlangsungnya doa, beberapa umat bisa mengalami manifestasi karena hadirnya Roh Kudus saat itu. Walaupun hal ini tidak selalu terjadi, akan tetapi jika terjadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Panitia Persekutuan Doa atau para pembimbingnya selalu siap untuk membantu umat yang sedang mengalami manisfestasi tersebut.

Umat yang lain dapat membantu dengan doa ataupun menumpangkan tangannya kepada yang sedang mengalami manisfestasi.

http://www.karismatikkatolik.org/detailArticle.asp?id=3&id2=13&id3=23