Tag-tag Dasar HTML

Dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi. Teks informasi disusun dengan tag-tag dan diatur dalam bagian (section) yang sesuai fungsinya. Berikut ini adalah tag-tag dasar html :

1. Html
Tag dasar yang digunakan untuk mendefinisikan bahwa dokumen yang diketik adalah dokumen html. Tag ini harus diketik di awal dokumen html.
2. Head
Untuk menulis keterangan tentang dokumen web yang ditampilkan.
3. Title
Tag ini ada di dalam bagian Head dan digunakan untuk memberi judul window browser yang menampilkan dokumen web.
4. Body
Adalah bagian atau section dari dokumen web dimana semua isi dokumen yang akan ditampilkan harus ditulis pada bagian ini.
5. Paragraf
Untuk menampilkan satu pokok pikiran digunakan tag <P>.

Membuat Homepage

Ketiklah listing program berikut ini (ketik sama persis!) :

Simpan program diatas dengan nama coba.html. Setelah itu jalankan file tersebut pada browser yang ada dan perhatikan hasilnya.

Dari tampilan web yang ada, cobalah tekan tombol kanan mouse, apa yang ditampilkan? Lalu pilihlah View Source atau pada menu bar pilih View – Source, apa yang ditampilkan di layar?

Selanjutnya, perhatikan baik-baik tampilan web coba.html, ternyata ada penekanan tombol yang tidak mempengaruhi tampilan web coba ini. Penekanan tombol Enter, Tab dan spasi tidak mempengaruhi tampilan web. Agar penekanan tombol-tombol itu mempengaruhi tampilan web, coba gunakan tag <PRE> dan tag penutup </PRE>. Tag ini adalah tag Preformated Text, yang memerintahkan browser untuk menampilkan teks sama seperti yang diketikkan dalam dokumen html.

Sedangkan teks yang diapit tag <!- dan -> tidak ditampilkan oleh browser sebab tag <!- dan -> adalah tag komentar, untuk memberi catatan atau komentar pada dokumen html saja.

Buatlah tampilan web seperti gambar berikut ini :

by: Martinez Meinardi