If God’s behind you, who ever could defeat you ?

Kitab Bacaan: Mazmur 133:1-3 (ayat 1)

Jackie Robinson adalah org kulit hitam pertama yg bermain baseball di Liga Profesional Amerika. Ia mendobrak tradisi org kulit putih & ia menghadapi byk tantangan dr penonton di setiap turnamen yg dia ikuti. Suatu kali ketika ia bermain di Ebbets Field stadiun di Brooklyn, ia membuat suatu kesalahan. Penonton mulai mengejeknya. Jackie berdiri & merasa malu sementara orang-orang meneriakinya dgn caci maki. Kemudian, tanpa berkata apa-apa, pemain yg lain Pee Wee Reese datang & berdiri di sebelah Jackie. Ia merangkulnya & memandang ke arah penonton. Tiba-tiba semua penonton diam. Sampai hr ini Jackie Robinson tdk pernah melupakan kejadian tersebut. Dia berkata bahwa tangan yg merangkulnya itulah yg menyelamatkan kariernya.

Sungguh alangkah baiknya & indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dgn rukun. Mengapa pemazmur mengatakan baik & indah bila hidup rukun..?
Coba perhatikan kembali kisah di atas. Seandainya saat itu Pee Wee Reese tdk datang menghampiri & merangkul Robinson, mungkinkah masih ada keberanian dlm diri Robinson si kulit hitam utk bangkit kembali, setelah byknya hujatan caci maki yg ditujukan kpdnya..? Nah, di situlah letak indah & dahsyatnya pengaruh yg ditimbulkan oleh suatu kerukunan. Mengapa demikian..? Sebab ada kasih di dlm kerukunan. Dan dimana ada kasih di situ ada kuasa Allah. Maka tdk heran, jika di masa jemaat mula-mula byk sekali terjadi mujizat.

Saudara, Allah itu kudus, & perpecahan hanya akan menorehkan kebencian yg menjauhkan kita dr kekudusan. Berusahalah utk membangun sikap yg selalu mendukung org lain terutama di saat ia jatuh. Jagalah kerukunan di antara sesamamu.

Ada berkat dlm kerukunan.