Nyeri Lambung Gejala Gastritis

BY IN Kesehatan Comments Off on Nyeri Lambung Gejala Gastritis

Anda yang memiliki aktivitas pekerjaan padat pasti pernah merasakan mual di bagian lambung. Biasanya kita mengenalnya sebagai penyakit maag, tapi mungkin saja itu adalah gejala awal gastritis. Gastritis adalah radang atau iritasi yang terjadi pada dinding lambung. Gastritis merupakan kondisi yang disebabkan oleh beberapa sebab. Gejala yang biasa dirasakan adalah nyeri atau rasa tidak enak pada bagian atas perut, yang kadangkala disebut mual.

Ada dua jenis gastritis, pertama gastritis akut yang mungkin disebabkan oleh luka bakar yang serius, operasi besar, aspirin atau zat anti radang lainnya, kortikosteroid, obat-obatan, makanan atau adanya virus, bakteri atau racun kimia. Kedua gastritis kronik biasanya merupakan tanda adanya penyakit lain seperti tukak lambung (peptic ulcer), kelainan imunitas, kanker lambung atau anemia.

Pada orang dengan gastritis, gejala yang sering dikeluhkan adalah nyeri atau rasa tidak nyaman pada bagian atas perut, bagian tengah. Nyeri lambung dapat terjadi di bagian kiri atas perut dan nyeri bisa terasa menjalar sampai ke punggung. Orang seringkali menggunakan istilah rasa terbakar, nyeri yang terus menerus, nyeri yang menggigit atau perih untuk menggambarkan nyeri yang dirasakan. Biasanya hanya merupakan rasa tidak nyaman yang samar, tetapi nyerinya dapat juga seperti ditusuk-tusuk dan diiris-iris. Rasa kembung yang hadir biasanya tidak mengurangi nyeri atau hanya mengurangi sebentar saja. Gejala lainnya seperti mual dan muntah, cairan yang keluar mungkin bening, hijau atau kuning, ada sedikit darah atau muntah darah, tergantung dari seberapa parah peradangan lambung yang terjadi. Terkadang bahkan disertai dengan pembengkakan dan rasa penuh pada bagian atas perut.

Ada beberapa tindakan medis yang akan dilakukan bila anda telah terdiagnosis terkena gastritis. Dokter akan segera mulai pengobatan. Pilihan pengobatan tergantung dari penyebab gastritis yang dialami. Beberapa pengobatan ditujukan untuk penyebab pasti gastritis. Pengobatan lainnya bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul. Lambung anda akan pulih bila dilindungi. Pengobatan yang paling aman adalah menghindari kondisi yang memacu terjadinya gastritis. Ini adalah langkah awal pencegahannya. Banyak orang tidak mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya gastritis sebelum menjalani pengobatan. Bila anda tidak mengetahui pemicunya, dokter anda dapat membantu mencari penyebabnya. Beberapa hal yang harus dihindari adalah stress, rokok, alkohol, kopi dan minuman lain yang mengandung kafein seperti cola dan teh.

Banyak orang dapat pulih dari gastritis. Tergantung dari banyak faktor yang mempengaruhi dinding lambung anda, gejala gastritis timbul sewaktu-waktu. Namun secara keseluruhan, gastritis adalah hal yang biasa, rasa tidak enak yang dapat diobati hanya dengan pengobatan yang sederhana. Namun, dalam beberapa kasus yang sangat jarang (seperti, perdarahan di dalam lambung), gastritis dapat menyebabkan hal-hal yang serius atau bahkan mengancam kehidupan.

Sumber: http://www.klikdokter.com/article/detail/684




Comments are closed.