Apa Efeknya Jika Batu Empedu Tak Dioperasi?

BY IN Kesehatan Comments Off on Apa Efeknya Jika Batu Empedu Tak Dioperasi?

Dok, saat ini saya dinyatakan ada batu di empedu dan harus dioperasi, apa efeknya bila tidak dioperasi? Karena saat ini saya merasa sehat-sehat saja dan adakah obat-obatan yang dapat mengeluarkannya selain dioperasi? Serta makanan dan minuman apa yang harus saya hindari? Terimakasih.

Raihan, sapto_jumpono@yahoo.com

Jawaban

Walaupun belum ada gejalanya, jika terdapat batu di kantung empedu sebaiknya dipertimbangkan untuk operasi. Gejala batu kantung empedu hampir serupa dengan sakit lambung/maag/gastritis.

Batu kantung empedu bisa menyebabkan infeksi kantung empedu yang berulang. Bergeraknya batu misalnya dapat menyebabkan sakit perut yang hebat (kolik) ataupun menyumbatnya batu pada saluran empedu usus juga dapat menyebabkan sakit kuning. Seringkali hal ini dapat menimbulkan radang pankreas (pancreatitis). Jika batu masih ada selama bertahun-tahun, kantung empedu berpotensi menjadi kanker walaupun frekuensinya masih rendah.

Anda dapat mencoba obat-obatan selama kira-kira satu bulan. Jika tidak ada perubahan besarnya batu dengan perbandingan pemeriksaan USG sebaiknya operasi dengan laparoskopi (bedah invasif minimal) dapat dipertimbangkan. Selama itu hindari makanan berlemak karena fungsi zat empedu adalah mencerna lemak.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Sumber: http://health.detik.com/read/2009/11/18 … -dioperasi




Comments are closed.