Endapan adalah suatu istilah umum yang digunakan pada suatu kelainan dari empedu yang terlihat dengan ultrasonography dari kantong empedu. Secara khas, empedu didalam kantong empedu terlihat dengan dua kepadatan-kepadatan yang berbeda dengan empedu yang lebih padat berada didasar. Empedu lebih pekat karena ia mengandung partikel-partikel mikroskopik, biasanya kolesterol atau pigmen, yang tertempel dalam lendir. Lendir dikeluarkan oleh kantong empedu. Seiring waktu, endapan mungkin menetap didalam kantong empedu, ia mungkin menghilang dan tidak kembali, atau ia mungkin datang dan pergi. Seperti didiskusikan sebelumnya, partikel-partikel ini mungkin adalah pelopor-pelopor dari batu-batu empedu, dan mereka terjadi seringkali pada beberapa situasi-situasi dimana batu-batu empedu seringkali timbul, contohnya, kehilangan berat badan yang cepat, kehanilan, dan dengan puasa yang lama.

Meskipun demikian, nampaknya bahwa endapan terus menjadi batu-batu endapan pada hanya suatu minoritas dari individu-individu. Untuk membuat hal-hal lebih sulit, adalah tidak jelas berapa sering – jika sama sekali – endapan sendiri menyebabkan persoalan-persoalan. Endapan telah disalahkan untuk banyak dari gejala-gejala yang sama seperti batu-batu empedu – biliary colic, cholecystitis, dan pankreatitis, namun seringkali gejala-gejala dan komplikasi-komplikasi ini disebabkan oleh batu-batu empedu yang sangat kecil yang telah tidak ditemukan oleh ultrasonography. Lebih dari itu, adalah mungkin bahwa gejala-gejala dan komplikasi-komplikasi seperti batu empedu ini sebenarnya disebabkan oleh batu-batu empedu kecil yang telah melewati saluran-saluran dan kedalam usus kecil daripada endapan itu sendiri. Jadi, ada ketidakpastian tentang arti dari endapan.

Adalah jelas, bagaimanapun, bahwa endapan adalah bukan sama dengan batu-batu empedu. Implikasi praktis dari ketidakpastian ini adalah bahwa kecuali gejala-gejala seorang pasien adalah khas dari batu-batu empedu, endapan seharusnya tidak dipertimbangkan sebagai penyebab dari gejala-gejala.

Sumber: http://www.totalkesehatananda.com/batuempedu6.html