“Tidak ada kebanggaan yang lebih besar dari seorang guru, selain saat melihat murid-muridnya berhasil dan lebih pandai dari mereka…”

Quote ini rasanya sungguh cocok dirasakan bagi saya pribadi, ketika saya menyaksikan begitu luar biasa bakat dan talenta yang dimiliki anak2 Cita Hati pada saat performance Broken Wings hari Sabtu, 26 Februari 2011 kemarin. Ada rasa bangga yang meluap-luap dari dalam diri saya saat merasakan betapa fantastis pertunjukan yang digelas di Galaxy Mall Exhibition Center kemarin. Setelah kurang lebih 8 bulan, anak2 Cita Hati berlatih dengan sedemikian tekunnya, maka mereka berhasil memperoleh suatu apresiasi dari orang-orang yang menonton. Bahkan saya merasakan atmosfir pertunjukan yang begitu menghanyutkan suasana. Applause yang meriah selalu menyambut mereka di akhir acara. Siswa siswi CH memang multi talented person, tapi sebenarnya ada satu hal yang membuat mereka bisa seperti itu, yaitu rasa memiliki sekolah ini.

“Sense of Belonging”

Pertunjukan Broken Wings memang sudah usai. Tapi satu hal yang dapat kita pelajari disini adalah belum pernah saya menyaksikan seluruh komunitas sekolah Cita Hati menjadi sebuah tim yang begitu solid seperti sekarang. Seolah pada setiap personel, telah tumbuh “Sense of Belonging” yang begitu kuat – Rasa memiliki sekolah Cita Hati dan perasaan bangga menjadi bagian dari Cita Hati. Anak2 yang biasanya tidak saling mengenal menjadi akrab satu sama lain, bahkan antara siswa SMP dan SMA yang biasanya tidak pernah bertegur sapa, menjadi sahabat yang terbaik. Anak2 bahkan juga rela melewatkan hari2 liburnya dengan datang ke sekolah untuk latihan Broken Wings. Demikian juga dengan Guru2 dan Staff. Semuanya merasa menjadi satu komunitas dan sama2 memiliki event Broken Wings, karena event ini bukan milik dari sebagian orang saja, tetapi juga milik semua orang yang merupakan bagian dari Cita Hati. Sungguh, luar biasa!!!

Pentingnya Peranan Sense of Belonging

Mengapa “Sense of Belonging” ini penting, khususnya bagi generasi muda? karena jika kita sudah merasa memiliki sekolah, ataupun merasa menjadi bagian dari sekolah, kita akan berbuat apapun untuk sekolah tanpa merasa terbebani apapun.
Dan apa yang membanggakan pasca Broken Wings adalah,
Saya masih sering mendengar lagu Aru di lingkungan sekolah,
Sebagian anak2 masih bangga mengenakan kaos Broken Wings, meskipun ukurannya agak kekecilan dan menimbulkan syndrome handsome boy,
Twitter sangat ramai dengan tweet dari anak2 CH yang menyatakan betapa bangganya mereka bersekolah di Cita Hati.

Mari perbesar rasa memiliki terhadap sekolah ini dan kalian akan melihat betapa banyak yang bisa kalian lakukan, betapa sering prestasi yang akan kalian raih dan betapa kalian akan merasa kehilangan jika suatu saat kalian meninggalkan sekolah ini…