Setelah beberapa kali diuji coba dan akhirnya digunakan selama kurang lebih satu bulan untuk menyimpan data2 booking, perlu adanya sedikit pengembangan dari sistem booking tiket. Beberapa catatan yang dapat saya tulis disini antara lain sebagai berikut:

* Never EVER Remove your data!!!
Ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Ada beberapa orang yang booking tiket online, namun tidak langsung membayar, sehingga sampai hari H, datanya tidak ada, karena sudah dihapus. Jika orang tersebut booking tanggal 18 Februari dan baru melakukan transfer BCA tanggal 24 Februari, dengan nama pemilik rekening yang BERBEDA dengan nama yang melakukan booking, maka yang terjadi adalah orang tersebut marah2 dengan pihak tiketing pada saat hari H, karena dia datang dengan bukti transfer BCA, namun namanya sudah diremove dari sistem.
Sebenarnya rules sudah dibikin bahwa:
– Setiap bookingan yang masuk akan otomatis direlease jika tidak ada pembayaran selama 1×24 jam. Bahkan saya tidak pernah menambahkan fungsi otomatis release, dan saya hanya memberikan mark pada booking yang sudah lewat 3 hari, yang saya anggap expired.
– Untuk pembayaran transfer, pada berita sudah diminta untuk memberikan informasi nama orang yang booking dan harus segera melakukan konfirmasi langsung ke sekolah.
Dua hal ini kelihatannya tidak diperhatikan oleh beberapa orang, sehingga mereka datang dengan kecewa karena nama mereka tidak ada di sistem. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada ms. Angie dan ms. Dwi sebagai koordinator usher yang dapat memberikan dan mengatur seat untuk orang2 ini.

* Penggunaan iPad
Ide untuk menggunakan iPad sebenarnya cukup ok, tapi sayangnya Wireless Networknya sering disconnect sehingga cukup mengganggu jika ada antrean dan kita masih harus reconnect networknya lagi. Secara umum, sistem registrasi tiket sudah berjalan dengan sangat baik dan bagi saya hal itu sangat membantu kelancaran antrean. Penggunaan sistem yang terintegrasi dalam jaringan memudahkan tiketing untuk memantau jumlah seat yang tersisa, dimana hal ini akan sulit dilakukan kalau kita menggunakan cara manual.

* Session Expired
Untuk alasan yang kurang jelas, Session di program PHP dalam paket MAMP di iMac lebih cepat expired, jadi jika user idle beberapa menit saja, mereka harus relogin lagi yang tentunya akan memakan waktu.

* Setup Booth
Saya menyadari walaupun sistem sudah dipersiapkan sedemikian rupa, namun untuk setup booth sempat kecolongan dalam hal instalasi driver printer for iMac, sehingga proses cetak tiket sempat terhambat. Demikian juga sempat terjadi perubahan yang tidak konsisten antara hasil yang disepakati dalam rapat dengan kenyataan di lapangan. Misalnya soal gate yang diopen ataupun diclosed dan juga penggunaan layar televisi LCD, yang awalnya mau digunakan, kemudian tidak jadi, namun akhirnya digunakan juga, sehingga kami tidak sempat menyiapkan bahan yang ditampilkan karena sudah cukup sibuk dengan gelombang pengunjung yang check in.

Overall, sebenarnya penggunaan sistem booking ini sudah cukup bagus, hanya saja kondisi di lapangan sering terjadi tidak sesuai dengan sistem yang sudah dirancang dan bagi beberapa orang, mungkin sistem manual justru lebih bagus dan menguntungkan.

Anyway, thanks guys for every effort that you have given. Once again, GOD bless you all…