Jika anda menyukai game strategi, mungkin anda pernah ingat sebuah game produksi KOEI dengan title Romance of Three Kingdom. Setting ceritanya tentang Legenda Tiga Kerajaan di daratan China pada sekitar tahun 200M. Pada saat era DOS dulu, Romance of Three Kingdom III cukup populer di kalangan pencinta game strategi saat itu.
Baru-baru ini saya mencoba main game Romance of Three Kingdom XI, yang masih diproduksi oleh KOEI namun mengalami perkembangan yang sangat pesat jika dibandingkan versi-versi sebelumnya. Grafisnya sangat bagus dan ada beberapa fitur baru terutama pada bagian perangnya.
Hal yang kemudian memotivasi saya untuk mengutak-atik data save2an dari game RTK XI ini adalah dalam beberapa skenario kelihatannya hampir mustahil dilakukan, karena kia harus defense satu negara dengan resource yang terbatas, sedangkan dalam beberapa bulan saja kita harus menerima serangan dari beberapa negara bertubi2. Setelah mencoba beberapa kali dan tetap kalah, saya mencoba untuk mengedit save2an game ini, yang ternyata disimpan di folder My Documents/Koei/RTKXI/SaveData/Save001.s11. Ini adalah data untuk game pada slot yang pertama, yang besarnya adalah 1.122KB. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai mengedit:

1. Pastikan kita benar2 memahami konversi bilangan antara desimal dan heksadesimal, karena data yang akan kita edit dalam bentuk heksadesimal, sehingga misalnya untuk mengubah data pasukan, kita harus konversi bilangannya dulu ke heksadesimal.
2. Buat backup untuk file yang diedit, hal ini untuk menghindari jika terjadi kesalahan, kita masih punya file aslinya.
3. Gunakan program Heksa Editor yang dapat mencari string ataupun kode heksa untuk memudahkan pencarian data.
4. SPOILER WARNING!!! Mengedit file ini akan mengubah permainan menjadi sangat gampang. Misalnya, kita bisa saja mengubah pasukan yang menyerang kita menjadi teman kita. Tidak dianjurkan bagi gamers yang menyukai tantangan.
5. Mengedit file secara langsung dapat mengakibatkan program Hang atau tidak bisa load data. Segala bentuk konsekuensinya adalah menjadi resiko yang anda tanggung sendiri.

Ok, kalau sudah, kita akan buka filenya dengan Hex Editor. Pada awalnya saya beranggapan file save2an akan diencrypt sehingga kita harus mengetahui proses enkripsinya dulu. Hal kedua yang saya takutkan adalah data2 officer menggunakan kode sehingga kita tidak akan tahu harus edit data di offset keberapa, apabila misalnya kita ingin mengubah ability dari seorang officer. Ini adalah tampilannya:

Ternyata data officer dapat kita cari dengan mudah. Saya mencoba mencara officer bernama Lu Lingqi, officer perempuan yang merupakan tokoh fiksi, anak dari Lu Bu. Kalau kita find, kita dengan mudah langsung berpindah ke offset yang bersesuaian.

Dan sekarang, mari kita mulai edit datanya

#1 – Mengganti Nama Officer
Tentunya dapat kita lakukan dengan mudah, karena kita sudah tahu lokasi offset dari officer yang akan kita ganti namanya.

#2 – Mengubah Foto Karakter
Ini sebenarnya bukan suatu hal yang penting yaitu mengubah foto dari karakter yang kita inginkan. Ternyata data foto untuk Lu Lingqi disimpan di offset 0x6979E – 0x6979F. Ganti saja dengan bilangan yang lain, maka kita akan mendapatkan foto yang lain. Mungkin kita perlu eksplorasi untuk mengubah menjadi foto kita sendiri?

#3 – Merekrut Officer
Ini yang paling mudah dilakukan apabila kita diserang banyak pasukan musuh. Tinggal kita cari officer pemimpinnya saja, lalu kita ubah forcenya menjadi force kita dan … pasukan musuh yang banyak itu sudah berubah menjadi milik kita. Sekali lagi contoh, kita akan ubah Lu Lingqi menjadi pasukan Sun Ce. Kode untuk pasukan Sun Ce adalah 0x02, lalu kita juga harus menentukan base dari karakter yang baru kita “rekrut”, misalnya di kota Lu Jiang. Kode untuk kota Lu Jiang adalah 0x19. Berikut ini adalah lokasinya:

Offsetnya adalah 0x697C8 untuk force, dan 0x697C9 untuk kotanya.

#4 – Mengubah Loyality dan Deeds
Agar lebih bervariasi, kita bisa mengubah loyality dari seorang officer agar lebih mudah direkrut. Misalnya kita bisa saja ubah loyality menjadi 0, sehingga sudah bisa dipastikan officer tersebut akan bisa direkrut. Data untuk loyality Lu Lingqi disimpan di offset 0x697D1. Nilai tertinggi untuk loyality adalah 0x64 atau sama dengan 100, jadi dianjurkan untuk mengisi nilai 100 ke bawah.
Deeds menentukan rank dari seorang officer. Dan rank seorang officer menentukan bonus atribut ataupun pasukan yang dibawahinya. Semakin tinggi ranknya, maka pasukan yang bisa dibawa semakin banyak. Kita bisa mengubah nilai deeds, misalnya menurunkan deeds officer musuh agar didemote atau diturunkan dari rank semula. Bayangkan saja untuk officer sepenting Zhang Fei, kita isi deedsnya dengan 0. Maka dia hanya bisa membawa maksimal pasukan sebanyak 5000 saja. Data untuk deeds disimpan persis di sebelah offset loyality yaitu di offset 0x697D2 – 0x697D3. Perhitungan untuk deeds agak rumit, nilai deeds didapatkan dari perkalian bilangan desimal dari byte yang kedua dengan 256 baru kemudian dijumlahkan dengan bilangan desimal dari byte yang pertama.

#5 – Mengedit ability officer
Di RTKXI ini, officer mempunyai 5 status, yaitu LDR, WAR, POL, INT dan CHR. Data untuk ability Lu Lingqi ada di offset 0x697DB – 0x697DF. Hanya karena ada faktor penambahan dari ranks ataupun items, nilai yang kita ubah tidak bisa langsung cocok. Tapi tidak masalah, karena selisihnya paling2 hanya 1 – 2 point saja. Berikut adalah tampilan hexeditornya:

#6 – Mengubah jumlah pasukan dan makanan
Data untuk pasukan dan makanan yang marching ternyata disimpan di bagian lain, terpisah dari data officer. Untuk mengedit data ini, kita manfaatkan fasilitas Find dari program Hex Editor. Pertama2 kita harus tahu jumlah pasukan / makanan yang akan kita edit, lalu kita ubah nilainya ke heksadesimal. Jika ada beberapa nilai yang keluar, data yang benar ada di offset 0x81xxx dan seterusnya. Kita bisa berbuat “kejam” dengan membuat makanan pasukan musuh menjadi 0, sehingga pasukan tersebut mau tidak mau harus retreat.

#7 – Mengubah Technique Point
Hal yang baru di RTKXI adalah Technique Point. Mengumpulkan TP untuk upgrade kemampuan dari pasukan. Dengan cara yang sama kita bisa search lalu kita edit nilainya.

Mungkin masih banyak lagi data yang bisa kita edit atau ubah. Tapi dengan beberapa yang sudah kita lakukan, kita sudah bisa menjadi dewa yang mengatur seluruh permainan.

9 Comments on Edit Data Game Romance of Three Kingdom XI – 2008

  1. ebes says:

    pancet ae arek iki, gak mahasiswa gak guru, tetep doyan nge-game karo nge-cheat.
    Salam Samkok !

  2. cacad says:

    om ko ane bingung ea …TUtor na ga jelas 😀
    bisa di perjelas lagi ga ???

  3. cacad says:

    cara ngubah loyality sama deeds’y ….klo bisa sekalian sma SS na gan ,,,
    sebelumnya makasih atas tutorna ..

  4. contactwahyu says:

    Pertama2 harus tau nama officernya, karena data untuk deeds dan loyality ada di dekat nama officer, pakai hex editor disearch aja. coba liat contoh saya untuk Lu Ling Qi. Offsetnya sama kok, untuk officer lainnya tinggal disesuaikan aja. 🙂

  5. cacad says:

    nah om sekarang saya bingung lagi nie …
    itu yang cara ngerekrut officer na gmana caranya dari kemaren” saya coba ga bisa” bingung sama nama kotanya :'(

  6. cacad says:

    oia Om tau cara edit APT nya ga ???

  7. newbie_666 says:

    om saya mau nanya itu cara ngubah pasukan sama makanan nya gimana ?????? saya ga ngerti …. klo bisa sama SS nya om …
    maaf om klo banyak nanya soalnya saya masih newbie ….