Suatu ketika, hiduplah seekor tikus yang bernama Missy. Sebagai seekor tikus, Missy merasa capek dengan kehidupannya yang selalu dikejar2 kucing dan dia juga tidak bebas berjalan2 di saat hari siang. Dia baru keluar dari tempat persembunyiannya menjelang malam. Pada suatu hari ketika Missy berjalan2, dia menemukan sebuah botol. Ketika digosoknya botol itu, keluarlah jin dari dalam botol yang akan mengabulkan tiga permintaan. Dengan segera Missy meminta untuk diubah menjadi kucing. Kehidupannya lalu berubah, tetapi dia tidak lama menikmatinya, karena dia selalu lari dan dikejar2 oleh anjing. Maka Missy menemui jin lagi dan minta diubahkan menjadi anjing. Saat anjing itu berjalan2 di hutan, dia bertemu dengan seekor harimau dan dia kembali merasa takut. Dijumpainya jin itu untuk yang ketiga kalinya dan minta diubahkan menjadi seekor harimau. Namun apa yang terjadi? Missy kembali berubah menjadi tikus. Saat dia bertanya alasan jin mengembalikan ke wujud asalnya, jin hanya berkata sia2 saja dia diubahkan menjadi binatang yang lebih besar dan kuat, karena dia masih mempunyai nyali seperti seekor tikus.
Dalam hidup, kita sering menjumpai masalah2 yang harus kita hadapi. Terkadang kita mungkin merasa takut dan merasa tidak mampu menghadapi masalah2 tersebut. Sama seperti ilustrasi di atas, kita bahkan melarikan diri atau bersembunyi jika ada masalah. Hendaklah kita tidak perlu merasa takut dan kita harus berani menghadapi tantangan. Adapun alasannya adalah:
1. Kita memiliki KUASA untuk menahan tantangan yang berbahaya dan ini adalah jaminan Tuhan (Lukas 10:19)
2. Setiap tantangan ataupun cobaan dari Tuhan tidak akan melebihi kekuatan kita (1 Korintus 10:13)
3. “sebab Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari segalanya” Kita punya Tuhan, jadi kita tidak perlu takut (1 Yohanes 4:4)
Jadi, jika suatu saat kita menghadapi masalah, janganlah menjadi seperti tikus yang tidak punya nyali, tetapi hendaklah kita menghadapi masalah tersebut dengan tegar karena Tuhan senantiasa menyertai kita.
Amin.

(Ilustrasi diadaptasi dan dikembangkan dari berbagai sumber)