Bacaan:
Matius 17:1-9

Pada saat kita nonton film di bioskop, sebelum film utama dimulai, akan diputar trailer dari beberapa film yang akan beredar. Dan trailer itu biasanya dikemas demikian rupa sehingga terlihat begitu menarik dan kita sangat senang melihat trailer tersebut dan berniat untuk nonton film seluruhnya.

Dari bacaan Firman Tuhan, kita tahu bahwa Tuhan Yesus mengajak ketiga muridnya: Petrus, Yohanes dan Yakobus untuk naik ke atas gunung dimana Ia memperlihatkan kemuliaannya yang begitu luar biasa. Murid-murid Tuhan adalah orang-orang sederhana yang berprofesi sebagai nelayan sebelum mereka mengikut Yesus. Pada saat Tuhan Yesus mengajak mereka untuk mengikut Dia, murid2 sungguh bersukacita. Mereka berpikir mengikut Yesus yang adalah Mesias, menjadikan hidup mereka bakal lebih mudah dan tanpa kesulitan. Akan tetapi apakah yang mereka alami? Sekalipun banyak mujizat yang dilakukan Yesus, namun tidak sedikit pula orang2 yang menolak Dia. Seiring waktu berjalan, murid2 dipenuhi rasa kurang percaya diri, sehingga pada suatu saat Tuhan Yesus menunjukkan kemuliaanNya di atas gunung bahwa Dia benar2 Putra Allah.
Murid2 bagaikan melihat “trailer”, bahwa Yesus yang akan mereka jumpai kelak di Sorga adalah Yesus yang penuh kemuliaan. Dan hal ini menguatkan mereka untuk tetap setia mengiring Yesus.

Hal ini juga berlaku buat kita semua, anak2 Tuhan. Saat kita mengalami krisis kepercayaan, hendaklah kita selalu ingat akan Firman Tuhan, dimana kita percaya suatu hari nanti kita bisa melihat Tuhan Yesus yang dipenuhi kemuliaan di Sorga.

Berkat Tuhan menyertai kita semua… Amin

Misa Kudus
Gereja Katolik Kristus Raja