WinWebMail Server versi 3.7.1.2.

BY IN Tips & Trik Comments Off on WinWebMail Server versi 3.7.1.2.

Harus dipikirkan gimana caranya memakai email khusus untuk 1 jaringan intra network. Yang pertama terlintas adalah pakai program mail server, itu sudah pasti. Tetapi pertanyaannya adalah mau pakai program apa? Kalau pakai Microsoft Exchange Server, harus sedia anggaran dana yang tidak sedikit.
Akhirnya ada program mail server yang free, namanya WinWebMail dan dapat didownload di www.winwebmail.net/download/winwebmail.exe
Instalasinya pun cukup gampang. Setelah didownload, dapat langsung install di server, under windows 2003 advance server. Terus langsung jalankan aplikasinya, dia akan tinggal di systray.
Yang pertama harus dilakukan adalah create domain, walaupun domain ini nantinya untuk dipake internal saja, jadi boleh apa aja. Contoh kita menggunakan citahati.edu sebagai percobaan. Default yang sudah ada adalah system.mail.
Lalu seperti yang sudah sering dilakukan, adalah memilih menu configurations untuk menambah username dan password, karena ini adalah email, maka setiap user yang kita create akan ditambahi embel2 @citahati.edu di belakang nama mereka.
Berikutnya, kita harus memastikan bahwa Windows sudah terinstall IIS. Jika ternyata belum, maka kita membutuhkan CD Windows Advance Server 2003 untuk menginstall IIS versi 6.0. Selesai diinstall, kita harus membuat Virtual Directory yang mengacu pada folder winwebmail/web, dan juga harus memastikan bahwa file global.asa berada di folder atau directory yang sama.
Jadi untuk mengakses Webmailnya, kita tinggal ketikkan http://10.0.206.7/WinWebMail/default.asp
IIS 6.0 punya security yang agak ketat, jadi kita harus make sure bahwa IIS memperbolehkan web server menjalankan aplikasi ASP. Kita jalankan IIS Manager, lalu pilih Web Service Extensions, pada pilihan Active Server Pages, harus dipastikan statusnya Allowed.
Program mail client dapat digunakan, seperti misalnya Outlook Express ataupun Microsoft Outlook, tinggal mengubah bagian POP3/SMTP menjadi IP Address yang dituju contoh: 10.0.206.7. Sampai pada langkah ini, kelihatannya proses kirim dan terima email berjalan dengan lancar.
Ternyata kita akan menjumpai bahwa email di server ga bisa didelete. Ternyata ada yang harus diset, yaitu mengeset priviledge Full Control untuk semua user pada folder WinWebMail. Pengiriman attachment dapat diasumsikan sebagai proses upload dan ASP membatasi dokumen yang diupload menjadi maksimum 204800 bytes saja. Namun kita dapat mengganti angka default tersebut dengan mengedit file metabase.xml yang ada di folder windows/system32/ineserv, cari key bernama ASPMaxRequestEntityAllowed dan ubah angkanya sesuai kebutuhan.
Hal yang sama untuk proses download, kita harus mencari key ASPBufferingLimit dan dapat diubah sesuai keinginan kita.




Comments are closed.