Windows XP Multi User Remote Desktop

BY IN Tips & Trik Comments Off on Windows XP Multi User Remote Desktop

Anda pasti tahu fasilitas Remote Desktopnya Windows yang sangat populer itu. Dengan Remote Desktop, kita dapat menjalankan kompie lain di desktop kita sendiri, seolah2 kita berada di depan kompie tersebut. Keren sebetulnya yah, hanya saja, Windows hanya mengijinkan satu user saja yang boleh aktif pada satu sesi. Mungkin masalah sekuriti sehingga Windows memblok akses lebih dari 1 user, sehingga user yang aktif mau ga mau harus logout. Untungnya ada sedikit trik, sehingga kita bisa mengakali windows agar bisa mengijinkan kita menggunakan remote desktop secara multiuser.

Perhatian… Ini adalah salah satu bentuk hack. Segala akibat yang timbul adalah merupakan resiko anda sendiri…

Langkah 1:
Restart Windows dan masuk ke SafeMode. Klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties, masuk ke tab Remote, dan hilangkan tanda centang pada pilihan “Allow user to connect remotely to this computer” . Jika sudah tidak ada tanda centang, jangan berbuat apa2, diclose aja.

Langkah 2:
Klik Start – Control Panel – Adminsitrative Tools, lalu pilih Services. Double Klik pada Terminal Services yang ada pada list, lalu pilih Disable pada Startup Type option.

Langkah 3:
Kita memerlukan sebuah file dengan nama termsrv.dll , tapi kita akan mendownload versi yang lama. bisa didownload disini: http://www.orbitfiles.com/download/id20947665 . lalu pergilah ke folder windows/system32, rename file termsrv.dll menjadi nama lain, misal termsrv.org, lalu copykan file termsrv.dll yang baru saja kita download ke folder ini. dengan cara yang sama juga, lakukan terhadap file termsrv.dll yang ada di folder windows/system32/dllcache, direname, trus copykan file yang baru didownload.

Langkah 4:
Buka registry windows, lewat regedit. Cari key berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Terminal Server\Licensing Core
buat key baru dengan nilai DWORD, “ EnableConcurrentSessions ” (tanpa tanda petik), kemudian edit dan set nilainya menjadi 1, lalu exit dari regedit.

Langkah 5:
Klik Start, Run, ketikkan gpedit.msc. Lalu buka Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Terminal Services
double klik “Limit number of connections”, pilih “Enabled” dan masukkan nilai maksimum dari jumlah koneksi yang ingin kita ijinkan (2 ato lebih), kemudian Restart Windows pada mode normal.

Langkah 6:
Dan akhirnya ulangi langkah no 1, hanya saja kali ini kita harus memastikan ada tanda centang pada option “ Allow user to connect remotely to this computer ”.
Lalu pergilah ke Terminal Services (lihat langkah 2) lalu set startup type menjadi “Manual”
restart windows dan sampai pada langkah ini, kompie kita akan dapat menerima multiple sesi dari remote desktop.

Teknik ini sudah dicoba dan berhasil pada Windows XP pro.




Comments are closed.