Saat mencoba fungsi swap, yaitu membalik sprite secara vertikal dan horisontal, saya menemukan adanya kesalahan dalam program Sprite Editor. Kesalahannya yaitu tidak semua pixel dipindahkan, wah kacau neh… Setelah dianalisa, ternyata pembagian bilangan bulat tidak disertai dengan fungsi INT yang akan membuang
pecahan pada bilangan tersebut. Jadi ini bagian program yang saya ganti…

IF t$ = “H” OR t$ = “h” THEN
CALL putfont(192, 160, “SWAPING . . .”)
FOR i = 1 TO col.len
FOR j = 1 TO INT((row.len + 1) / 2)
SWAP ima(i, j), ima(i, row.len + 1 – j)
NEXT
NEXT
END IF

IF t$ = “V” OR t$ = “v” THEN
CALL putfont(192, 160, “SWAPING . . .”)
FOR i = 1 TO INT((col.len + 1) / 2)
FOR j = 1 TO row.len
SWAP ima(i, j), ima(col.len + 1 – i, j)
NEXT
NEXT
END IF

Wah ternyata kalo kita sudah membuat program, masih ada saja ya kesalahan atau bug yang bisa saja luput dari perhatian kita. Yang terpenting, kita mesti cermat menganalisa jalannya suatu program…