Jika anda pengguna Mac, anda mungkin sudah pernah dengar istilah Keylogger, yaitu program yang berjalan di background yang mencatat setiap key yang anda masukkan. Jika dipergunakan secara benar, tentunya program ini akan sangat bermanfaat untuk memonitor kegiatan user yang menggunakan Mac kita. Selain fasilitas Parental Control yang sudah ada di Mac, program keylogger dapat dijadikan alternatif, namun sayangnya banyak program Keylogger for Mac dalam bentuk commercial software dimana kita harus mengeluarkan beberapa ratus dollar untuk dapat menggunakan software tersebut.

Untungnya ada juga freeware Kelogger for Mac OS X 10.4 – 10.5 yang namanya LogKext. Program ini cukup lumayan karena bisa mencatat setiap keystroke yang diinputkan user, walaupun tidak sampai menyimpan screenshot. Beberapa langkah untuk menjalankan LogKext.

Langkah pertama:
Jalankan Terminal, biasa ada di /Application/Utilities/Terminal

Langkah kedua:
Ketikkan sudo logKextClient
Masukkan password root
terus masukkan password program

Langkah ketiga:
Sampai pada langkah ini, kita bisa mengeksekusi perintah2 LogKext. Kita bisa ketikkan help untuk menampilkan semua perintah yang ada. Contoh perintah2nya:
List: digunakan untuk menampilkan variabel
Open: buka file log dan disimpan di Desktop sebagai text file
Print: cetak file log di terminal
Info: informasi nilai variabel

Untuk uninstall program ini, sudah ada script uninstallnya yang secara default disimpan di directory root dengan nama LogKextUninstall

Anda bisa download programnya di sini:
http://fsbsoftware.com/logKext2.dmg
http://mac.softpedia.com/get/Security/logKext.shtml