Jika kita mendengar istilah fps (Frame per Second), kita langsung diingatkan dengan movie atau video, karena istilah ini memang mengatur jumlah frame yang ditayangkan per detik.
Di dalam Flash, fps sangat penting dalam mengatur kecepatan animasi. Semakin besar nilai fps, maka animasi yang dihasilkan akan semakin cepat. Sebaliknya, nilai fps yang kecil akan membuat animasi berjalan lambat.
Untuk mengeset kecepatan animasi secara global, kita dapat dengan mudah mengatur nilai fps. Nilai fps ini berlaku global terhadap jalannya seluruh movie, sekalipun kita menggunakan scene yang berbeda. Hal ini akan menimbulkan masalah apabila kita menghendaki dalam satu movie mempunyai dua atau lebih fps yang berbeda.
Ternyata bisa kita akali dengan menggunakan fungsi setInterval, contohnya kita bisa sisipkan script sebagai berikut:

var intervalId:Number;
var duration:Number = 143;

intervalId = setInterval(this, “nextFrame”, duration);

varibel duration di atas dalam satuan ms. Sehingga apabila yang dikehendaki 7 fps, maka untuk durasi dari fungsi setIntervalnya adalah 1 detik dibagi dengan 7 frame menjadi 0,143 detik atau sama dengan 143 milidetik.

Sebagai catatan, ada sebuah exception pada kasus ini, yaitu apabila kita mengembedded sebuah video dalam format flv ataupun yang sudah dijadikan swf, maka pengubahan durasi dengan setInterval tidak akan berpengaruh terhadap video yang diembedded. Selebihnya, kita dapat mengatur speed dari animasi kita sesuai selera.

Selamat mencoba dan berkreasi.