Selain dapat digunakan untuk menambah data, kita bisa melakukan operasi edit, yaitu operasi perubahan data yang sudah tersimpan di dalam database. Operasi ini biasanya digunakan untuk perubahan atau koreksi data.
Untuk memahami proses edit, kita harus mengerti juga proses pencarian. Proses pencarian adalah sebuah proses yang dijalankan untuk mengecek seluruh record yang ada di dalam suatu tabel untuk membaca record tertentu yang sesuai dengan kriteria pencarian. Untuk mencari data yang sudah tersimpan, dibutuhkan ketelitian. Masalahnya sekarang jika ada data yang sama lebih dari satu, maka proses pencarian menjadi tidak akurat, karena kita tidak bisa mengacu kepada record yang dikehendaki. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu mendefinisikan sebuah field khusus yang digunakan sebagai tanda pencarian. Field ini harus unik dan tidak boleh ada data yang sama di seluruh tabel, sehingga memudahkan proses pencarian.

Pertama2, kita sediakan sebuah form dengan komponen textfield dan sebuah button untuk mengisi id dari data yang akan kita cari.
Berikutnya, setelah tombol disubmit, halaman akan menampilkan form seperti pada form entry data. Hanya saja, pada mode edit, data sudah langsung ada di dalam textfield dan bisa kita ubah. Pengubahan ini juga menggunakan form dimana pada saat disubmit, form akan langsung mengupdate database sesuai dengan id yang dimasukkan.
Perintah SQLnya adalah UPDATE … SET