Menciptakan koneksi dengan MySQL

Salah satu keunggulan PHP adalah interaksinya dengan database MySQL. Kita bisa membuat koneksi ke MySQL dengan perintah sebagai berikut:

<?php
$db = mysql_connect(“localhost”,”root”,”password”);
mysql_select_db(“database”,$db);
?>

Perintah mysql_connect digunakan untuk membuat koneksi ke MySQL. Parameter didalamnya adalah berturut2 host (biasanya localhost) lalu username dan password untuk MySQL.
Perintah mysql_select_db digunakan untuk memilih database yang akan digunakan, karena bisa saja dalam sebuah server, terdapat lebih dari 1 database.
$db adalah variabel, semua variabel yang digunakan di dalam PHP selalu diawali dengan tanda $. Pengertian variabel disini sama dengan variabel di matematika, dimana sebuah simbol yang dapat digunakan untuk menyimpan suatu nilai.

Mengeksekusi SQL Query untuk menampilkan data

Setelah terhubung dengan database, kita dapat melakukan perintah2 SQL Query untuk memanipulasi database. Yang pertama yang akan kita pelajari adalah bagaimana cara untuk menampilkan data yang sudah tersimpan di dalam tabel. Perintah untuk mengeksekusi query di dalam PHP adalah mysql_query.
Contoh program:

<?php
$db = mysql_connect(“localhost”,”root”,”password”);
mysql_select_db(“database”,$db);

$result = mysql_query(“SELECT * FROM datasiswa”);

?>

variabel result akan menyimpan eksekusi query dari perintah mysql_query. Lalu untuk menampilkan datanya, kita perlu menggunakan fungsi pengulangan/looping. Salah satu perintah loop di dalam PHP adalah perintah while.
Berikut adalah programnya:

<?php
$db = mysql_connect(“localhost”,”root”,”password”);
mysql_select_db(“database”,$db);

$result = mysql_query(“SELECT * FROM datasiswa”);
echo “<table>”;
while ($myrow=mysql_fetch_row($result))
{
echo “<tr>”;
echo “<td>$myrow[1]</td>”;
echo “<td>$myrow[2]</td>”;
echo “<td>$myrow[3]</td>”;
echo “<td>$myrow[4]</td>”;
echo “<td>$myrow[5]</td>”;
echo “</tr>”;
}
echo “</table>”;

mysql_close($db);
?>

Perintah echo digunakan untuk mencetak string atau kalimat. Disamping itu perintah ini bisa juga digunakan untuk mencetak tag2 HTML. Variabel myrow adalah variabel array / variabel berindeks yang mewakili record yang tersimpan di dalam database. Perintah di dalam looping while akan terus diulang sampai seluruh record selesai dibaca dan ditampilkan. Contoh program di atas akan menampilkan record2 dari tabel datasiswa ke dalam bentuk tabel. dan akhirnya kita putuskan koneksi ke MySQL dengan perintah mysql_close.